Tingkatkan Program Penebaran Benih Ikan

PALANGKA RAYA – Tingginya aktivitas penangkapan ikan untuk konsumsi masyarakat, berdampak pada jumlah populasi dilingkup sungai serta danau. Apalagi kegiatan semacam itu dilakukan setiap tahunnya sehingga tidak sebanding dengan jumlah ikan yang ada.


Kondisi itu mendapat tanggapan dari kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Anggota Komisi II Ina Prayawati. Terkait itu dirinya mengusulkan, agar jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng bersama pihak terkait di daerah, bisa melaksanakan upaya tebar benih ikan jenis Patin ataupun Nila.


“Kita contohkan seperti di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), bisa melaksanakan kegiatan tebar benih di puluhan danau ataupun sungai, yang ada di wilayah itu,” ujarnya kepada awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.


Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) IV, meliputi Barsel, Barito Timur (Bartim), Barito Utara (Barut) dan Murung Raya (Mura) ini mengakui, di wilayah daerah aliran sungai (DAS) Barito memiliki puluhan danau yang potensial, dalam pengembangan bibit ikan. Legislator dari fraksi PDI Perjuangan ini mencontohkan seperti di Barsel yang memiliki banyak danau sebagai sarana tebar benih ikan.


Wanita murah senyum itu juga menuturkan, selain penebaran bibit upaya lainnya bisa dilakukan melalui pemberian bantuan benih, kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat bisa mengelola serta tambahan usaha budidaya ikan, dengan konsep keramba apung.


“Apalagi air di danau pada wilayah Barsel sangat cocok serta alami, untuk populasi berbagai macam ikan,” ujarnya.


Ketika upaya penebaran bibit dilakukan, dirinya mengimbau agar pihak terkait bisa menyampaikan surat edaran kepada masyarakat, untuk tidak melaksanakan penangkapan terlebih dahulu.


Hal itu dilakukan hingga ikan yang ada, benar-benar bisa dikonsumsi, serta mampu berkembang dalam jumlah yang banyak. Ina sendiri optimis program tebar benih ikan ataupun bantuan bibit kepada warga, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah berkelanjutan. Selain itu juga berdampak, pada lini peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.