SMAN 1 Seribu Riam Usulkan Penambahan Guru

PALANGKA RAYA – Masyarakat Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya (Mura) mengusulkan penambahan tenaga guru SMA. Usulan itu disampaikan masyarakat setempat kepada Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Mura, Barito Utara (Barut), Barito Timur (Bartim) dan Barito Selatan (Barsel) Siswandi, saat melaksanakan reses perorangan ke wilayah itu, belum lama ini.


Menurutnya, usulan terkait penambahan tenaga guru di SMAN-1 Seribu Riam, pernah diusulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Namun usulan tersebut belum terealisasi sampai saat ini dan diharapkan DPRD Kalteng bisa memperjuangkan usulan tersebut.


“Salah satu usulan yang disampaikan masyarakat, saat saya melaksanakan reses ke Kecamatan Seribu Riam adalah masyarakat berharap pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Disdik), bisa menambah tenaga guru di SMAN-1 Seribu Riam. Karena mereka saat ini benar-benar kekurangan tenaga guru,” ucap Siswandi, saat dibincangi di gedung dewan, Senin (19/4).


Anggota Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi Infrastruktur dan Prasarana ini juga mengatakan, peserta didik yang bersekolah di SMAN-1 Seribu Riam cukup banyak. Sehingga penambahan tenaga guru disekolah tersebut merupakan solusi agar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan belajar mengajar di SMAN-1 Seribu Riam bisa berjalan dengan lancar.


“SMA di Kecamatan sudah pasti memiliki banyak peserta didik, sehingga Sarana Prasarana (Sapras) termasuk tenaga guru harus disesuaikan, agar proses pengembangan SDM melalui kegiatan belajar-mengajar bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.


Dijelaskan politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini, bahwa tenaga guru lebih banyak menumpuk diwilayah perkotaan. Oleh karena itu, diharapkan penambahan guru diwilayah pelosok khususnya kecamatan dan pedesaan, bisa menjadi prioritas pemerintah ditahun 2021.


“Faktanya tenaga guru lebih banyak menumpuk di perkotaan, seharusnya penempatan guru diwilayah pelosok bisa menjadi prioritas pemerintah karena diwilayah pelosok, benar-benar kekurangan tenaga guru. Usulan terkait penambahan guru di SMAN-1 Seribu Riam ini akan segera saya teruskan ke Disdik Kalteng dan akan saya kawal agar bisa secepatnya direalisasikan,” pungkasnya.