Sapras Edotel SMKN 3 Palangka Raya Perlu Perhatian Pemerintah

PALANGKA RAYA –Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk membantu meningkatkan Sarana dan Prasana (Sapras) Education Hotel (Edotel) yang saat ini dikelola langsung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palangka Raya. Pasalnya, Edotel yang difungsikan sebagai aset praktik siswa jurusan perhotelan tersebut sangat memerlukan perhatian dari pemerintah.


Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Duwel Rawing saat dibincangi disela-sela melaksanakan kunjungan ke SMK Negeri 3 Palangka Raya, di jalan RA Kartini, Senin (7/6).


Menurutnya, peningkatan sapras Edotel perlu mendapat atensi dari pemerintah, mengingat selain menjadi aset praktik siswa jurusan perhotelan SMKN-3, Edotel juga mampu meningkatkan kemampuan siswa saat lulus dan terjun langsung kedunia kerja.


“Edotel memang disiapkan untuk sarana praktik siswa jurusan perhotelan di SMKN-3 Palangka Raya. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan skill siswa dalam paktik langsung dilapangan, perlu ditunjang dengan sapras yang memadai khususnya di Edotel tersebut,” ucapnya.


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapi) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, salah satu fasilitas maupun sarana yang wajib tersedia saat mendirikan sebuah hotel adalah ketersediaan Air Conditioning (AC) dan air bersih. Dua hal inilah yang saat ini menjadi kendala dalam operasional Edotel SMKN-3 Palangka Raya.


“Kita sudah melihat langsung bagaimana kondisi Edotel di SMKN-3 Palangka Raya. Kondisinya bisa dibilang sudah memenuhi standar hotel walaupun tujuannya untuk praktik siswa jurusan perhotelan, karena bisa digunakan untuk umum. Hanya saja yang jadi masalah, ada beberapa AC yang tidak berfungsi serta beberapa kamar yang airnya tidak mengalir,” ungkapnya.


Dikatakan, aspirasi yang disampaikan jajaran guru SMKN-3 terkait peningkatan sapras Edotel, akan diteruskan kepada Pemprov Kalteng melalui Dinas Pendidikan (Disdik), agar mendapat perhatian dan segera ditindaklanjuti.