Pemprov Susun Rencana Kerja Melalui Musrenbang Provinsi

PALANGKA RAYA – Sekda Kalteng H Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran membuka serta menghadiri kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kalteng, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (8/4).


Moment tersebut juga diisi dengan sesi diskusi yang dipimpin Kepala Bappedalitbang Kalteng Yuren S Bahat, dengan mendapatkan masukan dari sejumlah tokoh Kalteng, seperti Anggota DPD RI Agustin Teras Narang bersama Anggota DPR RI Willy M Yosep dan Ari Egahni.


Terkait kegiatan itu, Sekda menyampaikan musrenbang yang dilaksanakan dalam upaya menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022. “Ini juga sebagai upaya mewujudkan sinergitas pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan di provinsi kita,” ujarnya.


Dirinya menjelaskan pelaksanaan ini dinilai penting, karena di 2022 mendatang pembangunan Kalteng memasuki masa tahun peralihan periode RPJMD 2016-2021 dengan RPJMD 2021-2026. Intinya untuk perencanaan bagi 2022 mendatang, akan menjadi tahun awal dalam menentukan rencana pembangunan lima tahun mendatang.


Pria murah senyum itu menambahkan, hasil dari Musrenbang nanti juga sangat penting, karena akan berkaitan dengan tema RKPD 2022, yaitu stabilitas ekonomi dengan penguatan sumner daya manusia (SDM) yang berdaya saing. Prioritas pembangunan tetap pada bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian dalam artian luas, dengan harapan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.


“Seperti kita ketahui akibat pengaruh Pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Kalteng pada 2020 adalah minus 1,40 persen. Meski demikian, pertumbuhan Ekonomi di Kalteng masih lebih baik dibandingkan Nasional yang sebesar minus 2,07 persen. Untuk angka kemiskinan juga 5,26 persen lebih baik dari Nasional, sebesar 10,19 persen,” ujarnya. drn