Pandemi Buat Ekonomi Terpuruk, Mari Bangkit

RAKERDA BUDPAR


PALANGKA RAYA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalteng di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada 27-29 Mei 2021.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 13 kabupaten/kota masing-masing mengirim perwakilannya mengikuti rakerda yang berlangsung di Hotel Aquarius, Sampit.


Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati hadir pada pembukaan rakerda tersebut. Sementara dari pemerintah provinsi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, mewakil Gubernur Kalteng.


Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan menyampaikan, pelaksanaan Rakerda diharap menghasilkan nilai penting dalam menyusun program yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif di Kalteng.


"Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak terpuruknya banyak sektor. Termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karena itu harus bangkit, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Guntur, pada pembukaan Rakerda Budpar.


Sebelum pandemi, lanjut Guntur, Kalteng menoreh banyak prestasi. Baik di bidang kebudayaan, kesenian, dan pariwisata. Karenanya, perlu upaya mengevaluasi guna membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut.


Semuanya memerlukan perhatian dan kerjasama.Baik koordinasi, sinkronisasi dalam penguatan program kepariwisataan dan ekonomi kreatif di 2021 ini.


Sementara itu, Wakil Bupati Kotim Irawati hadir saat pembukaan Rakerda mengatakan, upaya mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kalteng secara berkualitas, terus dilakukan.Terutama melalui pengembangan obyek wisata, cagar budaya, desa budaya, dan desa wisata di wilayah Kotim.


Harus disadari, sambung Irawati, pemerintah kabupaten/kota harus mampu menjadi penggerak dan navigasi dalam pengembangan kepariwisataan. Termasuk di dalamnya pengembangan ekonomi kreatif.


"Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Contohnya di Kotim,  kami tentu akan mengemas kembali obyek wisata yang ada. Sebut saja wisata Pantai Ujung Pandaran. agar bisa menjadi bagian dari destinasi wisata di Kalteng," pungkasnya.ded