Warga Minta Wisata Dusun Betung Dimaksimalkan

PALANGKA RAYA – Banyak aspirasi masyarakat yang menjadi catatan kalangan DPRD Provinsi, dalam kunjungan ke sejumlah daerah pemilhan, belum lama ini.


Salah satunya dari wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas DR P Lantas Sinaga, yang melakukan reses ke Desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan.  


Menurut Anggota Komisi A itu, usulan yang disampaikan warga terkait  potensi wisata yang ada di wilayah itu. Mereka berharap agar ada pengembangan yang lebih baik dalam upaya menunjang pariwisata dan hasil PADnya. Dari informasi masyarakat, satu daerah yang dinamakan Dusun Betung menjadi andalan untuk sektor tersebut.


Jajaran perangkat desa menggambarkan, kawasan itu kaya akan potensi wisata yang positif. Misalnya saja adanya sungai serta titian bagi warga yang inging bersantai. Selain itu, yang menarik perhatian, sungai itu terkadang dimanfaatkan untuk memancing ikan oleh masyarakat setempat.


"Mereka mengatakan jumlah peminatnya cukup banyak, terkadang hampir setiap hari masyarakat hilir mudik memancing di kawasan tersebut," ujarnya.


Maka untuk itu warga mengusulkan agar wisata itu bisa ditingkatkan dan mendapat sarana serta prasarana yang maksimal. Apalagi selama ini masyarakat sudah mendapat lampu hijau dari kabupaten.


Bahkan, sudah ada proposal serta persiapan menuju pembentukan ke arah wisata umum. Artinya tinggal persoalan penganggaran dan dukungan baik dari provinsi ataupun kabupaten.


Selain itu ada juga usulan agar jalan menuju ke dusun itu bisa mendapat perbaikan. Pasalnya jalur menuju ke kawasan tersebut rusak dan sulit dilewati.


Apalagi akses menuju ke tempat wisata sangat vital, bahkan digunakan masyarakat untuk aktivitas sehari- hari. Untuk itu dirinya mengharapkan agar nantinya hal itu, bisa dikoordinasikan bersama dinas pariwisata provinsi.


"Nanti kita bisa bicarakan dengan dinas terkait, agar keinginan ini bisa direalisasikan," ucapnya.


Yang terpenting jajaran perangkat desa bisa membuat proposal yang ditujukan kepada pemerintah daerah serta DPRD Provinsi sendiri. Maka untuk itu dirinya berharap, masyarakat bisa menyampaikan aspirasi ataupun usulannya langsung ke dewan.


Tidak hanya melalui forum resmi saja, namun juga informal bahkan tatap muka secara langsung.