Warga Minta Pembinaan Home Industri dari Pemprov

PALANGKA RAYA-Warga Sari Harapan, Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meminta agar home industry yang dikembangkan masyarakat di desa tersebut mendapat pembinaan dari Pemprov Kalteng.


Hal itu bertujuan, agar home industry yang selama ini dikembangkan masyarakat di desa tersebut mampu dikembangkan secara maksimal dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.


Sejumlah masyarakat di Kalteng sudah mulai melek terhadap pengembangan home industry. Hanya saja, guna memaksimalkan hasilnya untuk pengembangan ekonomi masyarakat perlu turut campur dari pemerintah. Sehingga ke depan hasil home industry yang dihasilkan masyarakat memiliki kualitas yang tidak hanya bisa dipasarkan di daerah Kalteng tetapi bisa dijual ke luar daerah.


Aspirasi inilah yang disampaikan masyarakat Desa Sari Harapan kepada anggota DPRD Kalteng Artaban, saat melaksanakan reses ke Kecamatan Parenggean, belum lama ini.


Menurutnya, dalam reses masa persidangan I tahun sidang 2018 yang dilangsungkan secara perseorangan beberapa waktu lalu, dia berkunjung ke Kecamatan Parenggean. Dari pertemuan dengan masyarakat maupun jajaran pemerintah kecamatan, banyak aspirasi yang disampaikan.


Di antaranya, dibidang ekonomi yang mana diharapkan ada perhatian dari pemerintah provinsi. “Suroto, Kepala Desa Sari Harapan memohon agar pemprov dapat membina home industri yang ada di Desa Sari Harapan,” kata Artaban saat dibincangi, di gedung Dewan, Rabu (23/5).


Dalam pertemuan tersebut diungkapkan, di Desa Sari Harapan ini ada dua home industry yang dikembangkan masyarakat di antaranya pabrik Tempe dan Tahu serta Kripik. “Mereka mengharapkan adanya bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan oleh Pemprov Kalteng terkait bagaimana pengembangan home insdutry yang mereka kembangkan bisa berhasil dengan baik,” ungkap Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan ini.


Sebelumnya, warga di Kecamatan Parenggean ini sangat mengharapkan agar ke depan Pemprov Kalteng juga bisa memaksimalkan kegiatan pemeliharaan rutin jalan provinsi yang ada di wilayah Kecamatan Pareggean khususnya di Kotim bagian Utara ini.


“Ke depan diharapkanagar pemerintah dapat memaksimalkan kegiatan pemeliharaan rutin badan jalan provinsi untuk mencegah terjadinya kerusakan jalan,” pungkas Artaban yang juga Ketua Komisi D DPRD Kalteng membidangi infrastruktur dan prasarana ini.