Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula dan Perempuan

SEMINAR KKP


PALANGKA RAYA-Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan pemilih dari kalangan perempuan, Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Kalteng akan menggelar seminar.


Untuk persiapan kegiatan tersebut, pengurus KPP Kalteng yang dinahkodai oleh Andina Theresia Narang telah melaksanakan rapat persiapan dengan seluruh pengurus KPP Kalteng.


Saat dibincangi, Selasa (8/5) siang, Andina yang juga anggota DPRD Kalteng ini mengatakan, menjelang tahun politik 2018-2019 mendatang, pihaknya dari KPP Kalteng telah mempersiapkan berbagai agenda. Salah satunya adalah bagaimana memperkenalkan sistem pemilihan mendatang yang mana tujuannya meningkatkan partisipasi para pemilih pemula khususnya dari kalangan perempuan. “Dalam waktu dekat KPP Kalteng akan menggelar seminar terkait partisipasi perempuan di tahun politik,” kata Andina yang diamini pengurus KPP, seperti Hj Nataliasi, Hj Agus Susilasani, dan Rini Widiasari, saat dibincangi kemarin.


Dalam seminar tersebut, kata dia, KPP akan mengundang pemilih pemula seperti pelajar dari kelas 2-3 SMA, kemudian mahasiswi dari universitas yang ada di Kalteng, seluruh organisasi masyarakat serta pengurus KPP dari seluruh kabupaten/kota se Kalteng.


Selain itu dalam seminar ini, pihaknya juga akan mengundang narasumber dari KPP RI, kemudian dari pihak universitas serta dari KPU. “Tujuannya, untuk memperkenalkan sistem pemilihan di tahun politik 2018 dan 2019 yang akan segera digelar mulai dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Pileg dan Pilpres,” terang, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.


Kegiatan seminar tersebut ditargetkan agar digelar sebelum lebaran mendatang oleh sebab itu dalam waktu dekat ini pihaknya akan langsung menggelar berbagai persiapan agar terlaksanakanya kegiatan tersebut.  berurutan, Pilkada serentak Pileg dan Pilpres. “Kita mengingingkan agar seluruh pemilih pemula dan pemilih perempuan dapat berpartisipasi dalam tahun politik ini, terutama wanita di Kalteng,” kata Andina yang juga anggota Komisi D DPRD Kalteng ini.