Suasana Kondusif Harus Tetap Dijaga

JELANG PILKADA


PALANGKA RAYA - Dalam waktu yang tidak lama, Kalimantan Tengah (Kalteng) akan melaksanakan dua hajatan besar, yakni pesta demokrasi untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta memilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).


Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, yang akan dilangsungkan secara serentak September mendatang ini, diharapkan menjadi ajang untuk memilih pemimpin yang mampu memajukan daerah, terlebih Kalteng akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang telah ditetapkan di Kalimantan Timur (Kaltim).


Menjelang tahapan pelaksanaan pilkada tersebut, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno mengharapkan agar seluruh masyarakat Kalteng bisa menyambut hajatan besar yang dilaksanakan lima tahun sekali tersebut dengan riang gembira serta menghindari kegaduhan yang bisa memecah belah masyarakat.


Karena seyogyanya pilkada ini merupakan ajang masyarakat untuk memilih pemimpin daerah yang diharapkan memajukan Bumi Tambun Bungai ini agar bisa maju dan masyarakatnya sejahtera seperti daerah lainnya di Indonesia.


Dalam pidatonya, pada pada rapat Paripurna ke I pembukaan masa persidangan I tahun sidang 2020, Rabu (15/1), politisi dari PDI Perjuangan ini mengimbau agar semua lapisan masyarakat di Kalteng agar bersama-sama mencegah dan mengantisipasi penyebaran isu suku, agama dan ras (SARA), kabar bohong atau HOAX dan kampanye hitam atau Black Campaign, serta mengedepankan politik santun pada saat pelaksanaan pilkada 2020 mendatang.


“Saya mengajak semua pihak untuk ikut dan terlibat aktif menjaga daerah ini tetap kondusif selama pelaksanaan pilkada 2020. Ini tugas dan tanggungjawab kita bersama,” kata Wiyatno.


Dia juga mengajak agar menjelang pilkada ini komunikasi dan koordinasi DPRD dan pemprov terus ditingkatkan agar pelaksanaan pilkada dapat berlangsung dengan lancar dan sukses.


“Semua aspek yang berkaitan dengan tujuan pembangunan, harus bersama-sama kita cermati. Termasuk pula pesta demokrasi nanti, tentu semua pihak ingin pilkada itu dapat berjalan dengan baik untuk Kalteng kedepannya,” pungkas Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini.