Sarat Administrasi dan Lahan DOB Harus Clear

PALANGKA RAYA-Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan, agar persaratan administrasi dan lahan untuk rencana daerah otonomi baru (DOB) di daerah ini harus clear. Hal itu penting,  jika ada lampu merah dari pemerintah pusat terkait persetujuan DOB tidak akan menimbulkan masalah lagi.


Untuk diketahui, sudah ada dua DOB di Kalteng yang telah mendapat persetujuan DPRD dan Pemprov Kalteng, di antaranya Kotawaringin Utara (Kotara) dan Kapuas Ngaju. Sementara yang sedang berproses Rungan-Manuhing.


Anggota DPRD Kalteng Hj Nataliasi mengatakan, sudah ada tiga usulan DOB yang telah diajukan di Pemprov Kalteng. dua diantaranya telah mendapat persetujuan dan saat ini sedang berproses di pemerintah pusat.


“Usulan DOB dari tiga yang sudah masuk ke kita memang harusnya ada seperti stimulan untuk khususnya persiapan. Yang adakan selama ini persiapan lahan untuk tiga daerah yang sudah masuk dewan dan juga akan segera mendapat tindaklanjut dari DPRD Kalteng,” kata Nataliasi, di gedung dewan, pekan kemarin.


Untuk mendukung persiapan ketiga DOB tersebut, lanjutnya, harus ada stimulant dari pemerintah kabupaten maupun provinsi, terutama masalah persaratanya. Seperti, tata batas yang belum.


“Untuk daerah Pujon, Kapuas Ngaju, itu yang masih belum clear tata batasnya. Kita minta ini segera diclearkan,” tambah Anggota Komisi A, yang membidangi pemerintah, hukum dan keuangan ini.


Meski demikian, berbagai persiapan itu bisa dilaksanakan setelah beberapa tahapan dan respon dari pemerintah pusat. Kalau saat ini dibuat persiapan, takutnya nanti bisa mubazir.


“Bila ada lahan disiapkan lahan dari tiga DOB ini, saya kira untuk yang  lainnya menyusul. Yang penting persaratan administrasi sudah beres, kemudian lahannya sudah tersedia. Itu untuk tahap pertama, saya rasa sudah cukup,” pungkas legislator dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.