Rungan Hulu Perlu Dibangun Jaringan Komunikasi

PALANGKA RAYA - Akses jaringan telekomunikasi merupakan sarana penting untuk berkomunikasi dan mencari informasi, di era teknologi digital yang berkembang dengan pesat. Namun di Kalimantan Tengah (Kalteng) masih ada sejumlah wilayah yang belum terjamah jaringan telekomunikasi tersebut. Salah satunya, Desa Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas (Gumas).


Anggota DPRD Kalteng Andina Theresia Narang mengatakan,  saat berkunjung ke Tumbang Rahuyan, warga setempat menyampaikan harapannya agar akses jaringan telekomunikasi bisa menjamah desa tersebut. Pasalnya, untuk mendapatkan jaringan seluler, mereka  harus berjalan kaki menempuh jarak sejauh 3 kilometer.


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gumas dan Kota Palangka Raya ini juga mengungkapkan, masyarakat Desa Tumbang Rahuyan sudah mengajukan bantuan pembangunan menara jaringan seluler kepada pemerintah, melalui kerja sama dengan salah satu provider jaringan seluler dan telah disetujui beberapa tahun lalu. Namun pembangunannya terkendala lahan masyarakat yang tidak strategis.


“Sudah disetujui salah satu provider swasta. Namun terhambat lahan masyarakat yang tidak strategis dan sampai sekarang tidak ada informasi terkait tindak lanjut pembangunannya,” kata Andina, saat dibincangi, di gedung dewan, Rabu (27/3).


Dikatakan, DPRD Kalteng akan berkoordinasi dengan DPRD Gumas dan  pemerintah setempat agar harapan masyarakat ini bisa ditindaklanjuti dan secepatnya direalisasikan.


“Hal ini sebenarnya menjadi ranah DPRD dan pemerintah setempat, oleh karena itu kita segera mengkoordinasikan agar dapat direalisasi, dalam arti masyarakat Tumbang Rahuyan bisa menikmati pembangunan infastruktur, khususnya di bidang komunikasi,” pungkas Anggota Komisi D bidang Infrastruktur dan prasarana ini.