Rumah Ibadah Penting Pembinaan Umat

Rumah ibadah menjadi salah satu sarana utama, yang menjadi usulan masyarakat. Hal itu terlihat ketika kalangan DPRD Kalteng menggelar kunjungan dalam daerah belum lama ini. Pihaknya menilai hal itu sangat penting karena berkaitan dengan akhlak dan iman individu.


Adanya keinginan usulan rumah ibadah itu terlihat, dalam kunjungan belum lama ini. Wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas DR P Lantas Sinaga, menyempatkan diri mengunjung, beberapa wilayah di dapil tersebut.


Yang mendominasi dalam kunjungan itu, seperti usulan bantuan untuk sarana rumah ibadah. Sebut saja seperti masjid, gereja, hingga balai kaharingan. Ditambahkannya kondisinya juga sangat beragam, seperti ada yang sudah rusak bahkan belum selesai pembangunannya.


Anggota Komisi A itu juga melihat secara langsung, kondisi rumah ibadah yang ada. Selain memprihatinkan memang ada yang rusak bahkan memerlukan perhatian.


Maka untuk itu pihaknya mendesak, adanya prioritas dalam bantuan terhadap rumah ibadah di daerah. Persoalan itu sangat penting mengingat rumah ibadah, juga sebagai pondasi ketakwaan.


“Kita ketahui selama ini masih banyak rumah ibadah, yang pembenahannya masih mengandalkan swadaya masyarakat. Maka untuk itu kita minta agar aspirasi ini bisa diakomodir dan tentunya lebih ditingkatkan lagi,” ujar legislator senior dari Partai Hanura tersebut. Kendati begitu hanya sebagian kecil saja, yang mendapat bantuan.


Dirinya juga menyebut adanya rumah ibadah, juga sebagai refleksi peningkatan keimanan di lingkup masyarakat. Bisa dikatakan sebagai faktor utama, dalam membentuk karakter diri, serta watak individu, dalam keimanannya masing-masing.