Reinout Sylvanus Dimakamkan di TMP Sanaman Lampang

Selamat Jalan Pahlawanku…


PALANGKA RAYA - Mantan Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah periode 1967-1978 Reinout Sylvanus meninggal karena sakit pada Senin (25/2) pukul 06.31 WIB, di Rumah Sakit (RS) PGI Cikini, Jakarta. Jenazah almarhum dibawa ke Palangka Raya, Selasa (26/2), dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang Kota Palangka Raya, Rabu (27/2) siang.


Acara pemakaman mantan Gubernur Kalteng kedua, yang juga sebagai veteran tersebut dilakukan secara militer. Dalam rangkaian upacara pemakaman itu dilakukan tembakan salvo sebanyak 2 kali.


Sebelum dimakamkan, jenazah almarhum dibawa ke Istana Isen Mulang untuk dilakukan acara persemayaman dan penghormatan terakhir oleh Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail, dilanjutkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalteng, Sekdaprov Kalteng Fahrizal Fitri, Bupati/Wali Kota se-Kalteng, aparatur sipil negara (ASN) Provinsi Kalteng, tokoh masyarakat, dan lainnya.


Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail dalam sambutannya menyatakan saat ini Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se-Kalteng dan masyarakat Kalteng dalam suasana duka cita yang mendalam atas meninggalnya almarhum Ir. Reinout Sylvanus ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa. Beliau meninggal di usia 90 tahun 10 bulan. 


Almarhum Reinout merupakan salah satu putra terbaik bangsa, khususnya Provinsi Kalteng, karena beliau mantan Gubernur Kalteng dan sebagai veteran sebagaimana Surat Keputusan No: Skep/1218/X/1981 tentang Pengakuan, Pengesahan dan Penganugerahan Gelar Kehormatan (Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia).


“Oleh karena itu, berdasarkan UU No.20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, maka beliau berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan,” ujarnya.


Dikatakan, almarhum merupakan putra terbaik Kateng yang banyak berjasa dan memberikan sumbangsih untuk pembangunan Kalteng. Atas nama seluruh masyarakat Kalteng dan Pemprov, ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala jasa-jasa almarhum untuk Kalteng tercinta ini.


“Selamat jalan pahlawanku, kami akan meneruskan perjuanganmu dan kami akan meneruskan cita-citamu untuk membangun Kalteng maju, mandiri, dan sejahtera,” kata Wagub.


Sementara itu, Sekdaprov Kalteng Fahrizal Fitri saat ditemui usai upacara pemakaman di TMP Sanaman Lampang mengatakan ini merupakan bagian dari penghormatan terhadap jasa-jasa beliau.


“Ini sebagai bagian penghormatan kami terhadap sosok beliau sebagai putra terbaik Kalteng, sosok beliau sebagai pahlawan Kalteng. Sehingga ini harus kita contoh untuk mengisi kemerdekaan dan pembangunan di Kalteng,” ujar Fahrizal. dkw