Raperda Pengendalian Karhutla Penting bagi Kalteng

PALANGKA RAYA-DPRD Kalteng berpandangan, rancangan peraturan daerah (Raperda) Kalteng tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan/atau Lahan, yang diajukan oleh Pemprov Kalteng kepada DPRD, sangat penting untuk Kalteng. Hal itu disampaikan, anggota DPRD Kalteng HM Anderiansyah, saat menyampaikan pemandangan umum Fraksi Kebangkitan Bangsa Persatuan Pembangunan (KBPP) DPRD Kalteng, pada Rapat Paripurna ke 3 masa persidangan I tahun sidang 2017, pekan kemarin.


“Kami berpandangan raperda tentang Penanggulangan Kebakaran hutan dan Lahan ini sangat penting sekali karena melihat situasi dan kondisi Kalteng sekarang,” kata Anderiansyah.


Anggota Komisi A DPRD Kalteng, yang membidangi pemerintahan, keuangan dan hukum ini mengatakan, kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan yang rutin terjadi di Indonesia setiap musim kemarau.


Bahkan di masyarakat masih timbul persepsi bahwa timbulnya asap di berbagai wilayah di Indonesia seluruhnya disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan. Di mana bencana yang diakibatkan oleh praktik pembakaran hutan dan lahan adalah timbulnya polusi asap yang menggangu berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat, baik nasional maupun global serta menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup.


“Oleh karenanya, keberadaannya perlu untuk dijaga melalui komitmen bersama dan memanfaatkannya dengan bijak guna menghindari kerusakan yang lebih parah dari bencana kebakaran hutan dan lahan. Kami juga mengharapkan sebelum raperda ini disahkan menjadi perda sebaiknya dilakukan kaji banding lebih mendalam ke provinsi lainnya agar perda yang dihasilkan memang-memang benar bermanfaat bagi seluruh rakyat Kalteng,” saran Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng IV, yang meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan ini.