Puluhan Penumpang Pesawat Positif

SWAB ACAK DI BANDARA 


PALANGKA RAYA- Pengawasan di pintu masuk wilayah Kalimatan Tengah (Kalteng) terus diperketat, seiring meningkatnya kasus konfirmasi Covid-19 di Bumi Tambun Bungai. Salah satunya di terminal Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedy mengatakan, tes acak bagi para penumpang yang baru tiba di Bandara kebanggaan masyarakat Kalteng ini, untuk memastikan mereka bebas dari virus Corona.


"Kita ingin pastikan penumpang menerapkan protokol kesehatan, pengawasan akan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona, khususnya varian Omicron," kata Yulindra, Rabu (23/2).


Dia menegaskan, tes acak ini baru diberlakukan di Bandara, sementara tes acak kepada penumpang angkutan di terminal dan pelabuhan masih belum diberlakukan. Pemerintah pusat mengarahkan, penumpang yang datang dari Jakarta mobilitasnya tinggi. Syarat perjalanan belum ada perubahan, masih sama dengan sebelumnya, hasil tes antigen berlaku 1x24 jam.


Kepala Pelaksana BPBPK Provinsi Kalteng Falery Tuwan menambahkan, Satgas pengetatan penumpang di Bandara Tjilik Riwut dari 7 sampai 20 Februari 2022 mendata kedatangan penumpang sebanyak 6.911 orang.


Swab antigen secara acak sebanyak  532 orang dan hasilnya sebanyak 26 orang terkonfirmasi positif. Rincaian sesuai tabel.yml