Peserta CPNS Provinsi Hanya 106 Lulus SKD

PALANGKA RAYA - Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Tengah mencatat, hanya 106 dari 4.416 peserta calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi yang dinyatakan lulus tes seleksi kompetensi dasar.


Ke-106 peserta tersebut pun belum sepenuhnya dinyatakan lulus CPNS, karena masih harus mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) yang juga dilaksanakan melalui sistem Computer Assisted Test (CAT), kata Kepala BKD Kalteng Katma F Dirun di Palangka Raya, Senin (12/11).


"Tes CPNS tahap pertama sudah selesai kemarin dan akan segera diumumkan siapa-siapa saja yang lulus SKD. Setelah itu, peserta yang lulus akan kembali dipanggi untuk mengikuti SKB. Teknis SKB ini sama saja dengan SKD," tambahnya.


BKD Kalteng membenarkan bahwa jumlah pesera lulus SKD jauh lebih sedikit dari formasi yang tersedia, yakni 358 formasi. Sebanyak 106 peserta lulus SKD tersebut pun bahkan dapat dipastikan akan lulus tes SKB.


Katma mengatakan, mengenai permasalahan tersebut BKD Kalteng tidak punya kebijakan untuk langkah, khususnya menutup kekurangan tersebut. Sebab, semua mekanisme diatur sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat melalui instansi terkaitnya.


“Belum tahu formasi apa saja yang nantinya terisi. Kami bisa melihat fotmasi apa saja nanti yang terisi setelah tes SKB selesai. Tapi kalau dilihat dari jumlahnya, pasti banyak yang tidak terisi," ucapnya.


Mengenai adanya usulan penurunan passing grade, BKD Kalteng pun belum bisa mengambil kebijakan untuk menyampaikan usulan tersebut ke pusat. Meski demikian, pihaknya memastikan akan menyampaikan hal tersebut jika semua tahapan tes CPNS sudah selesai.


Dia mengakui bahwa kalangan masyarakat dan sejumlah pihak terkait lainnya memiliki keinginan agar pelaksaan CPNS tahun ini dibenahi, terutama usulan untuk mengulang pelaksanaannya.
"Pasti evaluasinya tidak akan setengah-setengah. Semua tahapan pelaksanaan CPNS ini akan kami lihat agar ada bahan yang disampaikan ke Pusat. Kami tentu akan menyampaikan usulan dan saran juga kepada pemerintah Pusat," demikian Katma.


 


Tinjau Ulang Passing Grade


Sementara di Sampit,hasil SKD CPNS tahun 2018 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) didapati hanya sebanyak 82 peserta yang nilainya memenuhi passing grade dari 2.866 peserta yang hadir.


Dengan rincian peserta lolos di hari pertama sebanyak 14 orang, hari kedua 27 orang, hari ketiga 21 orang, hari keempat 10 orang, hari kelima 7 orang dan hari terakhir 3 orang. Sementara peserta yang tidak memenuhi passing grade ada sebanyak 2.784 orang. 


Kepala BKD Kotim Alang Arianto mengungkapkan, minimnya peserta yang nilainya memenuhi ambang batas itu sudah dilaporkan kepada Sekda Kotim Halikinnor.  Menurutnya, Sekda berencana akan melaporkan hasil tersebut kepada Sekda Provinsi dan lalu ke Gubernur Kalteng untuk meninjau lagi batas passing grade yang dinilai terlalu tinggi untuk para peserta. 


"Rencana seperti itu beliau akan melapor ke Provinsi dulu lalu bersama-sama yang lain akan melaporkan lagi ke Panselnas," ujarnya, Senin (12/11).


Meski demikian pihaknya tidak bisa memastikan apakah pihak panselnas akan menyetujui nilai passing grade itu akan diturunkan. Namun dirinya berharap nilai passing grade bisa diturunkan supaya peluang peserta yang lolos SKD bertambah banyak. Untuk itu ia meminta kepada seluruh peserta untuk menunggu lebih lanjut informasi dari Pemda.


Di samping itu ia mengungkapkan rasa kecewanya karena banyak peserta yang tidak lolos,  sehingga 602 formasi yang tersedia tidak bisa terisi semua. Selain dari sisi anggaran, pihaknya juga merasa rugi dari tenaga dan waktu. Pihaknya sudah memperjuangkan mendapatkan formasi dan lalu menyiapkan pelaksanaan tes seleksi dalam jangka waktu berbulan-bulan. 


Kemudian untuk tahapan tes selanjutnya bagi peserta yang nilainya sudah mencapai ambang batas,  menurut Alang, pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari Panselnas. 


"Untuk tes selanjutnya SKB kita masih tunggu jadwalnya dari sana,  jadi saya harap peserta dapat terus mengupdate informasi di website resmi kami," jelasnya. c-may/ant