Perempuan Harus Jadi Inspirasi Positif

HARI KARTINI


PALANGKA RAYA– Memperingati Hari Kartini 2019, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengajak kaum perempuan di daerah ini untuk bisa meraih, mewujudkan, dan mengejar mimpinya, serta bisa menjadi inspirasi positif bagi sesama.


Kartini bukan sekadar nama, namun merupakan simbol emansipasi bagi wanita. Kartini pada zaman dulu memperjuangan hak-hak perempuan agar setara dengan hak-hak pria juga,” ujar Yulistra Ivo, di Palangka Raya, Senin (22/4).


Terpenting lagi, tambah Yulistra Ivo yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalteng, agar kaum perempuan bisa menjadi inspirasi yang positif bagi perempuan-perempuan di sekitarnya.


“Bagi perempuan di seluruh Indonesia, selamat memperingati Hari Kartini,” ujarnya.


Seperti dikutip dari mmc.kalteng.go.id, pada 21 April 1879, lahir sesosok wanita yang sampai saat ini menjadi inspirasi dan dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita. Pahlawan Nasional Indonesia ini memiliki nama lengkap Raden Adjeng (R.A) Kartini.


Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional, sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai HariKartini. dkw