Pengembangan Pariwisata Harus Libatkan Masyarakat

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kebudayaandan Pariwisata (Disbudpar), untuk menggandeng masyarakat dalam mengembangkan sektor pariwisata di Bumi Tambun Bungai.


Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Duwel Rawing, saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (9/3). Menurutnya, sebuah objek wisata akan sulit berkembang tanpa adanya dukungan dari masyarakat.


“Tanpa adanya keterlibatan masyarakat pariwisata akan sulit berkembang. Oleh karena itu, perlu adanya inisiatif dari pemerintah untuk melibatkan masyarakat lokal dalam literasi pengembangan objek wisata, yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan,” ucapnya.


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga berharap agar pemerintah mampu melirik peluang dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bermukim diseputaran objek wisata.


Salah satunya yaitu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal melalui pelatihan-pelatihan keterampilan. Seperti membuat cenderamata yang menunjukan identitas dari objek wisata.


“Selama ini, yang tidak ada diobjek wisata kita adalah cenderamata. Padahal cenderamata merupakan benda yang selalu dicari para wisatawan, untuk menunjukan bahwa mereka sudah pernah berkunjung ke suatu objek wisata di Kalteng. Apabila hal ini bisa dilirik pemerintah, tidak hanya daerah yang diuntungkan, masyarakat juga akan diuntungkan,” pungkas politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini.