Pendaftaran CPNS Diperpanjang!

PALANGKA RAYA - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini dijadwalkan akan dilakukan dari 26 September hingga 10 Oktober. Namun beredar informasi bahwa waktu pendaftaran CPNS tersebut akan diperpanjang hingga 15 Oktober 2018 mendatang.


Informasi tersebut berasal dari akun twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang berada di sebelah kanan bawah situs resminya BKN RI www.bkn.go.id. Dalam akun twitter @BKNgoid dan akun instagaram @BKNgoidofficial tersebut menyebutkan bahwa pendaftaran CPNS tersebut diperpanjang sampai dengan 15 Oktober 2018, pukul 23.59 WIB.


Perpanjangan ini dilakukan secara otomatis sehingga kementerian, lembaga atau pemerintah daerah tidak perlu melakukan pengaturan ulang penutupan penerimaan. Pengaturan ulang jadwal pelaksanaan seleksi sebagai akibat dari perpanjangan ini dilakukan secara terpusat oleh panitia seleksi nasional.


“Kalau melihat sumbernya dari SSCN BKN, berarti benar (informasinya). Untuk alasan (diperpanjangnya masa pendafataran CPNS tersebut) kami kurang tahu, karena tidak ada sosialisasi khusus ke BKD-BKD,” ujar Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalteng Ahmad Toyib, saat dihubungi Tabengan, Rabu (3/10).


Hingga pukul 16.47 WIB, postingan terkait perpanjang masa pendaftaranCPNS di akun twitter @BKNgoid tersebut sudah 1,807 retweets atau dibagikan, 1,514 likes atau disukai, dan 665 komentar.


 


Gembira


Keputusan panitia seleksi nasional CPNS memperpanjang masa pendaftaran disambut gembira calon pelamar di Kabupaten Kotawaringin Timur, karena memberi kesempatan lebih banyak bagi warga untuk mendaftar.


"Kalau diperpanjang, jadi tidak buru-buru. Tahun ini pendaftaran dilakukan secara online, termasuk pengiriman berkas, makanya perlu waktu. Apalagi, untuk mengakses situs pendaftaran itu cukup sulit. Syukur saja pendaftaran diperpanjang," kata Ratna, pelamar seleksi CPNS di Sampit, Rabu.


Berdasarkan jadwal yang baru ditetapkan, pendaftaran CPNS dari 26 September sampai 15 Oktober, seleksi administrasi dari 28 September sampai 20 Oktober, pengumuman kelulusan seleksi administrasi pada 21 Oktober.


Selanjutnya, penjadwalan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) pada 21-25 Oktober, pelaksanaan seleksi kompetensi dasar 26 Oktober sampai 17 November, pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) 22-28 November, penggabungan SKD dan SKB pada 29 November hingga 1 Desember, dan pengumuman akhir 3 Desember 2018.


Hingga Rabu pukul 16.28 WIB, jumlah pelamar CPNS Kotim yang mendaftar sudah 779 orang. Dari jumlah tersebut, baru 153 pelamar yang menyerahkan berkas ke Badan Kepegawaian Daerah Kotim. dkw/ant