Pemprov Terima Penghargaan Kemenkeu

WTP 5 KALI BERUNTUN


PALANGKA RAYA- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah karena berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan pada 2018 dan mampu mempertahankan 5 kali berturut-turut.


Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalteng Ratih Hapsari Kusumawardani dan diterima langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di sela-sela Rakordal Program-Program Pembangunan Provinsi Kalteng Triwulan III Tahun Anggaran 2019, di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Rabu (16/10).


Selanjutnya, Gubernur menyerahkan penghargaan Pemerintah RI berupa plakat kepada pemerintah daerah yang meraih opini WTP atas laporan keuangannya selama 5 tahun berturut-turut, yakni kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur dan Sukamara.


Selain itu, menyerahkan penghargaan Pemerintah RI berupa piagam kepada pemerintah daerah yang meraih opini WTP atas laporan keuangannya tahun anggaran 2018, yaitu kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, Barito Selatan. Barito Timur, Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Lamandau, Murung Raya, Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya.


“Dengan penghargaan ini, menunjukkan bahwa kerja keras yang kita lakukan selama ini membuahkan hasil. Dengan penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi kita lagi agar mau bekerja lebih keras lagi dan diiringi dengan doa,” kata Gubernur.


Dia menyebut saat ini Pemprov Kalteng sudah banyak mendapatkan berbagai penghargaan, kendati demikian, bukan penghargaan itu yang menjadi tujuan utamanya, namun kinerja yang baik dari jajaran Pemprov Kalteng itu yang diharapkan.


Sementara, Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Kalteng Ratih Hapsari Kusumawardani menjelaskan, terdapat 2 jenis penghargaan yang diberikan. Pertama, penghargaan kepada Pemda yang meraih opini WTP atas laporan keuangan Pemda tahun 2018. Kedua, penghargaan Pemda yang meraih opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah selama 5 tahun berturut-turut.


Hampir seluruh Pemda lingkup Kalteng, termasuk Pemprov Kalteng berhasil meraih opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018, kecuali Pemkab Seruyan.


Sedangkan Pemda yang berhasil mempertahankan opini WTP selama 5 tahun beruntun, Pemprov Kalteng, Pemkab Barito Utara, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, dan Sukamara.


"Jadi, pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kemenkeu terhadap pemerintah daerah yang telah meraih opini WTP. Apalagi sampai mampu mempertahankan 5 kali secara berturut-turut," tambahnya.