Pemprov Optimistis Realisasi Anggaran Capai 75 Persen

PALANGKA RAYA-Realisasi anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kalteng saat ini rata-rata baru mencapai sekitar 33 persen. Namun dengan upaya yang dilakukan, Pemprov Kalteng optimistis realisasi anggaran pada triwulan III sebesar 75 persen bisa tercapai.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bapedalitbang) Provinsi Kalteng Yuren S Bahat, dikantor DPRD Kalteng, Selasa (18/7), mengatakan, realisasi anggaran OPD di lingkungan Pemprov Kalteng rata-rata baru mencapai sekitar 33 persen.


Namun saat ini OPD yang memiliki kontraktual sudah rata-rata melakukan tanda tangan kontrak, sehingga pihaknya optimistis target realisasi anggaran pada triwulan III sebesar sebesar 75 persen dapat tercapai.


“Harus optimistis, tapi itu sangat tergantung dari OPD, mengingat OPD masing-masing yang berperan. Sementara pihaknya dari Bapedalitbang hanya sebatas menyarankan mereka melaporkan kondisi fisik dan keuangan mereka,” ujarnya.


Sehingga dalam berbagai kesempatan, ujar Yuren, dia mengingatkan para OPD tersebut agar memacu realisasi anggaran dan fisiknya terlebih saat Rakordal pelaksanaan perencanaan pembangunan Provinsi Kalteng triwulan II 2017 yang lalu diharapkan agar realisasi fisik dan keuangan OPD yang masih berada di bawah capaian triwulan II, maka mereka diminta mencari solusi bagaimana mendorong realisasi anggaran dan fisik.


Sementara masih rendahnya capaian realisasi angaran dan fisik beberapa OPD pada triwulan II tersebut, ujar Yuren, mengingat beberapa OPD tersebut terlambat melakukan pelelangan, sehingga tanda tangan kontrak lambat.


Namun pihaknya optimis di triwulan III bisa dikejar, sehingga realisasi anggaran tersebut dapat dicapai sesuai dengan target triwulan III yaitu sebesar 75 persen, karena rata-rata OPD yang mempunyai kontraktual sudah rata-rata tanda tangan kontrak.