Pemerintah Harus Intens Awasi Harga Sembako

PALANGKA RAYA – Srikandi legislator dari Fraksi PAN Hj Nataliasi mengingatkan pemerintah melalui instansi terkait, dapat melaksanakan pengawasan kenaikan harga bahan pokok.


Pasalnya hal itu jelas sangat berhubungan, dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Terlebih ketika jelang hari besar keagamaan atau lainnya. Dirinya menambahkan biasanya ada beberapa item, yang kerap mengalami kenaikan drastis. Sebut saja seperti bawang, beras, telor, ikan, ayam, daging dan sebagainya.


Anggota Komisi A itu juga mengharapkan agar pengawasan itu, bisa diperketat. “Dengan memperketat pengawasan, maka akan berimbas pada pedagang untuk tidak menaikkan harga barang semaunya,” ujarnya kepada awak media belum lama ini. Bahkan juga mencegah terjadinya indikasi penimbunan sembako, pasca lebaran kedepan.


Adanya pelaksanaaan pengawasan itu dirasa sangat penting, dalam upaya mencegah hal negatif. Sebut saja seperti kenaikan yang diluar batas kewajaran, atau kelangkaan barang akibat adany dugaan penimbunanan.


Dirinya mengatakan memang bisa saja ada upaya-upaya dari oknum, yang ingin memanfaatkan situasi hari besar keagamaan. Tujuannya tidak lain adalah memperoleh keuntungan-kuntungan bagi pribadi. Wakil rakyat dari Dapil III yang meliputi Kobar, Lamandau, dan Sukamara itu mengatakan, pihaknya sangat menyambut adanya operasi pasar atau kegiatan pasar murah/penyeimbang. Hal itu biasanya dilaksanakan, oleh dinas ataupun organisasi masyarakat setempat. Namun pengawasan harga di lapangan, tetap menjadi hal terpenting dan mesti mendapat perhatian.


“Kenaikan itu jelas memberikan dampak, pada pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat,” ujar wanita murah senyum tersebut. Nataliasi juga menyarankan instansi terkait intens, dalam melaksanakan Inspeksi Mendadak (sidak) secara langsung


Sementara itu adanya pasar murah yang dilaksanakan sejumlah instansi atau unsur lainnya, mendapat apresiasi dari kalangan DPRD Kalteng.