Pembangunan Pile Slab Mulai Dilaksanakan

JALAN PALANGKA RAYA-BUKIT RAWI


PALANGKA RAYA-Pembangunan tahap awal pile slab atau jembatan layang, pada ruas jalan nasional yang menghubungkan Palangka Raya-Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau mulai dilaksanakan.


Pembangunan tahap awal ini memakan biaya sekitar Rp67 miliar dari anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN). Dimana pembangunannya, mulai dilaksanakan dari 2019 ini hingga dituntaskan dalam beberapa tahun mendatang.


Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Silvanus Sea mengaku telah melihat secara langsung pembangunan tahap awal jembatan laying atau pile slab tersebut. Dibangunnya jembatan layan di daerah ini kata dia sebagai bentuk perhatian pemerintah, karena selama ini, jika musim penghujan tiba ruas jalan ini selalu terendam.


“Saya melihat langsung, pembangunan tahap awal sudah mulai dilaksanakan. Dan kita berharap pembangunan tahap awal ini bisa dirampungkan hingga akhir tahun mendatang,” kata Silvanus, Minggu (12/5).


Silvanus yang akrab dipanggil Ales ini menjelaskan, dalam kunjungannya itu, dan melihat material pekerjaan dari pihak rekanan sudah siam semua dilokasi pekerjaan, kemudian para pekerja juga sudah mulai melekasanakan pembesian untuk tiang-tiang pile slab.


“Untuk material sudah siap dilapangan semua, kita berharap ini akan menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini mengeluh akibat banjir tahunan melalui jalur ini,” tambah Ales.


Terwujudnya pembangunan jembatan pile slab ini ungkap dia berkat kerja keras Pemprov Kalteng melalui dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) untuk berjuang ke pemerintah pusat agar menurunkan anggaran penanganan ruas jalan tersebut. “Kita mengapresiasi lah, sehingga ruas ini bisa dibangun pile slab,” pungkas Anggota Komisi D DPRD Kalteng, yang membidangi infrastruktur dan prasarana ini.