Pembangunan Infrastruktur Harus Merata di Kalteng

Jangan Terkonsentrasi pada Satu Wilayah


PALANGKA RAYA-Meski memberikan apresiasi atas keberhasilan pembangunan fisik dan prasarana yang telah dilakukan maupun dalam perencanaan pembangunan daerah.


DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan kepada pemerintah setempat agar pembangunan infrastruktur jangan hanya terkonsentrasi pada satu wilayah.


Hal ini disampaikan DPRD Kalteng dalam rekomendasinya terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kalteng Akhir Tahun Anggaran 2018, yang disampaikan pada Rapat Paripurna Istimewa, beberapa waktu lalu.


“Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan perlu terus dilakukan secara merata untuk semua wilayah Kalteng, tidak terkonsentrasi pada satu wilayah,” kata Anggota DPRD Kalteng Y Freddy Ering, saat menyampaikan rekomendasi DPRD, dalam rapat Paripurna saat itu.


Ketua Komisi A DPRD Kalteng ini juga menyampaikan, pembangunan infrastruktur perlu pemerataan di semua wilayah di Bumi Tambun Bungai ini dengan proporsional dengan mempertimbangkan pertumbuhan pemerataan ekonomi.


“Ini penting agar tingkat kesejahteraan masyarakat dapat meningkat menjadi lebih baik,” terang legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.


Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini juga mengatakan, dalam rangka menunjang operasional pelabuhan Batanjung, di Kabupaten Kapuas. Pihaknya dari DPRD Kalteng meminta peningkatan akses jalan menuju pelabuhan tersebut.


Karena dengan operasionalnya pelabuhan tersebut nantinya, juga akan berdampak positif dalam rangka meningkatkan perekonomian di Kalteng, khususnya di wilayah tengah.


“Kita juga mengharapkan agar akses jalan menuju pelabuhan Batanjung ditingkatkan, agar bisa menunjang operasional pelabuhan tersebut,” pungkas Freddy, yang juga Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalteng ini.