Pansus LKPJ Barsel Konsultasi ke DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA –Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) menerima kunjungan dari jajaran DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Rabu (17/6) siang. Kedatangan sejumlah legislator itu, dalam upaya mengkonsultasikan Peraturan Daerah (Perda) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Daerah (LKPJ), yang saat ini sedang dalam tahap pembahasan.


Rombongan itu sendiri diterima secara langsung Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem-Perda) DPRD Kalteng, H Maruadi dan Sirajul Rahman. Terkait kunjungan itu, H Maruadi menuturkan, kunjungan itu sebagai pelaksanaan konsultasi dari Panitia Khusus (Pansus), untuk LKPJ DPRD Barsel.


“Pansus berkonsultasi untuk LPKJ dimana sebagai upaya sharing sekaligus belajar, terkait tata cara pelaporan LKPJ, termasuk cara menyampaikan catatannya,” ujarnya disela-sela pertemuan tersebut.


Menyangkut tata pengelolaan instrument itu, dirinya mengatakan untuk pelaksanaannya tidak ada perubahan sejak lama. Intinya, ucap dia, catatan yang disampaikan tidak berubah.Selain itu pihaknya juga berharap agar kerjasama antara Legislatif dan Eksekutif di Kabupaten Barsel, dapat berjalan lebih baik lagi. Intinya melalui adanya saling dukung dan koordinasi yang positif, maka tercipta pembangunan daerah yang mengarah pada optimalisasi.


Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Barsel H Zainal Khairuddin menjelaskan, jajaran wakil rakyat tersebut sudah membentuk pansus terkait LKPJ, untuk 15 hari kedepan. “Hal ini demi menyempurnakan rekomendasi, mengingat DPRD Kalteng sudah melaksanakan LKPJ,” ujarnya.


Dirinya juga menyebut, kunjungan konsultasi yang dilaksanakan ini dilakukan, sebelum kegiatan rapat paripurna pada 22 Juni mendatang. Maka wajar apabila pihaknya meminta masukan serta arahan, agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai harapan serta lancar. Apalagi sebagian dari anggota DPRD Barsel merupakan orang baru, sehingga memerlukan arahan serta saran positif, khususnya dari jajaran DPRD Kalteng.