Masyarakat Pendahara Minta Dukungan Kembangkan Pertanian

PALANGKA RAYA – Masyarakat di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta dukungan pemerintah untuk mengembangkan pertanian. Hal itu diusulkan agar kedepan pengembangan pertanian Kalteng bisa dilakukan secara maksimal.


Salah satu aspirasi ini disampaikan masyarakat Pendahara, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan kepada Wakil Ketua DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh, saat mengunjungi daerah tersebut, Selasa (17/12).


Menurut Faridawaty, kunjungan itu dilaksanakan dalam rangka melihat dan mendengar secara langsung keinginan dan aspirasi masyarakat di daerah itu. Dalam pertemuan dengan masyarakat setempat, disampaikan sejumlah usulan yang diharapkan bisa diperhatikan pemerintah kedepannya.


Salah satunya terkait pembangunan dibidang pertanian, dimana masyarakat setempat minta dibangunkan jembatan titian menuju lokasi pertanian yang mereka kembangkan selama ini. “Ada juga usulan mereka kepada pemerintah untuk dibangunkan jalan usaha tani, agar kedepan pengembangan pertanian mereka bisa dilakukan dengan maksimal,” kata Faridawaty, kemarin.


Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan kota Palangka Raya ini mengatakan, dalam pertemuan tersebut masyarakat setempat juga mengharapkan dukungan untuk pembangunan irigasi persawahan masyarakat.


“Usulan ini juga disampaikan agar kedepan persawahan yang mereka kembangkan bisa dialiri air yang cukup, sehingga pertanian mereka bisa berhasil,” terang Anggota DPRD Kalteng dua periode ini.


Lebih lanjut Srikandi dari fraksi partai NasDem ini mengatakan, selain bidang pertanian, masyarakat setempat juga mengharapkan adanya perhatian pemerintah dibidang pendidikan, dimana di SMA 1 minta dibangunkan pagar sekolah.


“Kemudian ada juga permintaan dibidang kesehatan, Puskesmas setempat meminta tambahan dokter, termasuk dokter gigi dan peralatannya, tambahan mobil puksemas keliling karena Puksemas ini melayani 9 Desa dan 1 Kelurahan,” pungkas Faridawaty, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem) Kalteng ini.