Masyarakat Minta Peningkatan Infrastruktur

Hasil Reses DPRD ke Kecamatan Dusun Selatan


PALANGKA RAYA – Masyarakat Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel) berharap, kepada pihak pemerintah agar meningkatkan infrasturktur jalan dan membangun sarana penerangan. Pasalnya, jalan dan jembatan di wilayah ini masih belum dibangun layak serta sarana penerangan masih minim.


Masyarakat setempat sangat mengharapkan pembangunan jalan maupun sarana penerangan dapat dibiayai melalui anggaran pendapatan dan belanja negera (APBN) maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sehingga pembangunan bisa dilaksanakan secara maksimal. Adapun ruas jalan yang diusulkan untuk ditingkatkan, di antaranya ruas Muara Paken-Muara Rimpung-Danau Basura.


Usulan itu disampaikan langsung oleh masyarakat setempat kepada tim reses DPRD Kalteng dari daerah pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan saat melaksanakan reses, pekan kemarin.


Menurut anggota DPRD Kalteng Hj Agus Susilasani, dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan, maka hal tersebut akan memudahkan masuknya aliran listrik ke wilayah pelosok desa, sehingga masyarakat yang selama ini belum merasakan ketersediaan listrik bisa mendapatkan hak yang sama.


“Salah satu aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Kabupaten Barito Selatan kemarin, pada saat kami melaksanakan reses kesana adalah masyarakat berharap, agar pihak pemerintah bisa meningkatkan infrastruktur jalan yang menghubungkan beberapa Desa, sehingga dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan, kedepannya akan memudahkan pemerintah untuk membangun aliran listrik ke wilayah pelosok,” kata Hj Agus Susilasani, kepada Tabengan, di gedung Dewan, Senin (11/12).


Srikandi dari Fraksi Partai Nasional Demokrat NasDem Kalteng ini juga mengungkapkan, sampai saat ini masih banyak desa-desa diwilayah pelosok Bumi Tambun Bungai yang belum teraliri listrik. hal ini dikarenakan akses yang sulit dicapai, sehingga pihak pemerintah kesulitan untuk melakukan pemerataan aliran listrik.


“Selama ini akses menuju ke wilayah pelosok masih cukup sulit dijangkau, sehingga pemerintah kesulitan untuk melakukan pemerataan aliran listrik. Oleh karena itu, masyarakat berharap dengan adanya peningkatan infrastruktur jalan, pihak pemerintah bisa segera mengaliri listrik ke wilayah-wilayah pelosok Desa,” terangnya.


Dikatakan mantan anggota DPRD Kabupaten Barut ini, selain berharap adanya peningkatan infrastruktur jalan guna memudahkan masuknya aliran listrik ke wilayah pelosok Desa, masyarakat Dusun Selatan juga menyampaikam beberapa aspirasi lain, diantaranya yaitu masyarakat berharap adanya pembangunan rumah singgah untuk penderita gangguan jiwa.


“Aspirasi lain disampaikan masyarakat Dusun Selatan adalah adanya harapan agar pemerintah mau membangun rumah singgah untuk penderita gangguan jiwa. Karena untuk membawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei, diperlukan biaya dan pendamping, sedangkan penderita gangguan jiwa cukup banyak dan rata-rata adalah masyarakat tidak mampu. Jadi aspirasi ini akan segera kita sampaikan kepada pigak pemerintah khususnya instansi terkait, agar bisa segera ditindaklanjuti,” pungkasnya.