Mahasiswa UMP Kunjungi DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA- Guna memperkaya ilmu komunikasi, sosial dan politik, sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) mengunjungi DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin (15/4). Dalam kunjungan ini, puluhan mahasiswa diterima Anggota Komisi B DPRD Kalteng Syahrudin Durasid, Lodewik C Iban dan Agung Sukma Adriyanto.


Menurut salah satu dosen UMP yang mengajarkan mata kuliah Komunikasi Politik dan Paradigma Administrasi Negara Hj Mariyani, para mahasiswa yang masih duduk di semester awal tersebut sengaja diarahkan ke DPRD Kalteng untuk menggali lebih dalam tentang ilmu komunikasi, tugas, fungsi dan tupoksi dari legislatif.


“Kunjungan para mahasiswa ini merupakan kunjungan resmi, sesuai dengan surat yang telah disampaikan oleh UMP Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik kepada DPRD Kalteng. Para mahasiswa ini kita arahkan untuk menggali lebih dalam mengenai ilmu komunikasi, tugas, fungsi maupun tupoksi dari DPRD. Sehingga para mahasiswa ini mengerti apa sebenarnya inti dari legislatif,” kata Maryani, saat dibincangi, di gedung dewan.


Maryani yang juga Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Sukamara ini juga mengungkapkan, ketika menyelesaikan studi S-1, di antara mahasiswa yang berkunjung tersebut tentu ada yang akan  terjun langsung ke masyarakat, sesuai dengan jurusan yang didalami, sehingga dengan adanya interaksi langsung dengan para legislator di DPRD Kalteng, diharapkan bisa menambah ilmu di bidang komunikasi dan perpolitikan, selain belajar di lingkungan kampus.


“Yang kita harapkan dari kunjungan para mahasiswa ini adalah mereka bisa mendapatkan ilmu secara langsung dari interaksi dengan para anggota dewan. Karena di antara mereka pasti nanti ada yang akan terjun langsung kemasyarakat, dalam arti bekerja sesuai dengan bidang yang mereka ambil yaitu komunikasi dan politik,” terang Anggota Komisi B DPRD Kalteng, yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) ini.


Selama ini, lanjut politisi  dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tugas dan fungsi dari legislatif, sehingga dengan adanya kunjungan tersebut, para mahasiswa juga diharapkan mampu mengubah paradigma masyarakat tentang apa sebenarnya fungsi dan tugas dari legislatif sebagai wakil rakyat.