Mahasiswa Fisipol UPR Kuliah Lapangan di DPRD Kalteng

PALANGKA RAYA-Kalangan DPRD Kalteng menerima kedatangan Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) Universitas Palangka Raya (UPR), di ruang rapat gabungan, Rabu (13/11). Pertemuan tersebu, merupakan salah satu kegiatan yakni kuliah lapangan yang dilaksanakan Mahasiswa di DPRD Kalteng. Pertemuan tersebut juga mengusung tema peran lembaga legislatif daerah (Komisi I) dalam penguatan demokrasi lokal.


Ketua Komisi I DPRD Kalteng Y Freddy Ering didampingi jajarannya Irawati dan H Sugiyarto, menerima secara langsung pertemuan bersama tersebut. Terkait itu dirinya memaparkan keberadaan maupun tugas, pokok dan fungsi lembaga wakil rakyat dihadapan jajaran Mahasiswa.


“Kami sangat apresiasi dengan permintaan dari jajaran Fisipol UPR, dimana mahasiswa bisa mendengarkan secara langsung, apa sebenarnya wewenang dan posisi DPRD dalam pemerintahan,” ujarnya disela-sela pertemuan kemarin.


Ditambahkannya melalui kulaih lapangan itu, tidak hanya mendengar secara langsung saja para pelaku (jajaran dewan) yang telah berkecimpung dalam pemerintahan. Hal itu juga sebagai kontribusi lembaga wakil rakyat dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi ini.


Legislator senior dari fraksi PDI Perjuangan ini juga menuturkan, pihaknya salut dengan kekritisan jajaran mahasiswa, dalam pertemuan tersebut. Apalagi mahasiswa terlihat sangat berani dalam memberikan penilaian terhadap kinerja DPRD Kalteng selama ini.


“Memang kita akui kurang optimalnya lembaga DPRD Kalteng dalam menjalankan tupoksinya selama ini. Hanya kami tegas kedepan akan tetap dan terus berbenah, agar semakin optimal menjalakan tugas-tugasnya,” ujar anggota dewan empat periode ini.


Selain itu pihaknya sendiri juga terbuka bagi saran dan kritik dari unsur manapun. Intinya, kekritisan merupakan hal yang baik bagi kemajuan SDM di Bumi Tambun Bungai ini. Dalam pertemuan dengan mahasiswa tersebut, Freddy juga didampingi Anggota Komisi jajaran Sekretariat DPRD Kalteng, serta Dosen pengampu Mata Kuliah Pengantar Ilmu Pemerintahan Fisipol UPR Jovano Palenewen.


Jovano mengatakan tujuan mahasiswa Fisipol UPR bertemu dengan Komisi I DPRD Kalteng, agar tidak hanya memahami teori, tapi juga turun ke lapangan untuk melihat dan mendengar langsung dari para pelakunya. “Di pertemuan ini, kami mengangkat tema “Bagaimana Peran Legislatif Dalam Memperkuat Demokrasi di tingkat Lokal”. Kami bersyukur, DPRD Kalteng khususnya Komisi I menyambut baik pertemuan ini,” pungkasnya.