Layak Dipertahankan, Dewan Puji Direksi Bank Kalteng

PALANGKA RAYA - Kalangan DPRD Kalteng menilai, kinerja direksi Bank Kalteng saat ini sangat baik. Hal itu terlihat dari pelaksanaan pemantauan langsung oleh jajaran Komisi A ke Bank Kalteng, Selasa (3/4).


Legislator yang ikut serta dalam kegiatan itu seperti Ketua Komisi A Y Freddy Ering, Wakil Ketua Komisi A HM Fahruddin, anggota Hj Nataliasi, H Jubair Arifin, HM Anderiansyah, dan HM Sriosako.


Menurut Ketua Komisi A, Y Freddy Ering, kinerja jajaran direksi itu memang layak mendapatkan pujian. “Kami berharap apa yang saat ini sudah dicapai oeh Bank Kalteng, bisa terus dipertahankan,” ujarnya usai pertemuan bersama tersebut.


Komisi A melihat berbagai kemajuan melalui kinerja selama ini. Antara lain peningkatan pelayanan, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat. Bahkan juga meningkatkan permodalan, setiap tahunnya.


Wakil rakyat dari Dapil V yang meliputi Pulang Pisau dan Kapuas itu mengharapkan, jajaran direksi ini bisa terus dipertahankan. “Kita mengharapkan agar pemegang saham bisa melihat kinerja Bank Kalteng secara komprehensif, tidak hanya sekilas saja, karena banyak peningkatan yang cukup positif,” ucap Freddy.


Kinerja bagus itu terlihat dari data dan pantauan selama ini. Salah satunya Bank Kalteng sudah mencapai kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 2, yakni bank umum dengan kepemilikan modal inti antara Rp1 triliun hingga kurang dari Rp5 triliun. Dengan sistem yang tertata optimal, Freddy mengatakan, bukan tidak mungkin tembus ke BUKU 3, yakni bank umum dengan kepemilikan modal inti antara Rp5 triliun hingga kurang dari Rp30 triliun.


Wakil Ketua Komisi A HM Fahruddin, juga mengakui kemudahan yang dirasakan selama ini. “Dulunya para pegawai mengambil gaji harus datang langsung ke bank, mengantre atau berbondong-bondong. Sekarang semua sudah bisa dilakukan melalui ATM saja. Ini menandakan adanya peningkatan pelayanan serta kemudahan bagi nasabah,” ucap mantan Sekda Kotim tersebut.


Anggota Komisi A lainnya Nataliasi mengakui pihaknya sengaja turun ke lapangan, dalam upaya melihat secara langsung proses pelayanan di bank itu.


Kedatangan yang mendadak, ucapnya, memang direncanakan untuk memantau kinerja serta pelayanan di Bank Kalteng. “Nyatanya pelayanannya sudah cukup bagus, dan ini kami harapkan bisa terus ditingkatkan serta dipertahankan,” ucap dia.


Sementara, Dirut Bank Kalteng Yosapatasi mengatakan, sejumlah terobosan telah dilakukan dalam upyaa mencapai kinerja yang baik. Salah satunya layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi nasabah.


“Kita terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan melalui konsep yang ramah kepada nasabah. Selain pemeriksaan kesehatan ada juga layanan transaksi berbasis teknologi atau SMS banking,” ucap pria berkacamata itu.


Dijelaskannya, Bank Kalteng saat ni sudah masuk kategori BUKU 2, dengan jumlah modal Rp1,3 triliun.