Komisi IV Agendakan Peninjauan Proyek Multiyear

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan khususnya jalan utama penghubung antar wilayah.


Menurut Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng yang membidangi infrastruktur dan prasarana Tommy Irawan Diran, saat ini ada sejumlah ruas jalan penghubung yang memerlukan perhatian dari pemerintah. Diantaranya, ruas jalan lingkar luar kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara dan ruas jalan Pangkoh-Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).


“Saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PUPR, kita mendapatkan informasi bahwa saat ini proyek reguler telah selesai 100 persen. Sedangkan untuk proyek multiyear masih ada yang pekerjaannya 52 persen bahkan dibawah. Sehingga kita merencanakan meninjau langsung kondisi proyek di dua daerah tersebut,” ucap Tomy saat dibincangi di gedung dewan, Senin (18/1).


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulpis ini juga mengatakan, Komisi IV DPRD Kalteng berencana meninjau sejauh mana proyek multiyear tersebut terealisasi, khususnya di lingkar luar kota Muara Teweh dan ruas Pangkoh-Bahaur.


“Kami sudah menjadwalkan untuk melaksanakan kunjungan kedalam daerah, khususnya meninjau proyek multiyear. Kemungkinan akan dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama meninjau ruas lingkar luar Muara Teweh dan tim ke 2 meninjau ruas Pangkoh-Bahaur,” terangnya.


Setelah meninjau langsung proyek multiyear di 2 wilayah tersebut. Komisi IV akan menggelar rapat evaluasi. “Kita mendorong agar proyek tersebut bisa terselesaikan sesuai target yaitu sebelum masa jabatan Gubernur Kalteng berakhir,” pungkas politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN).