Komisi III Cek Kesiapan RSUD Tangani Virus Corona

PALANGKA RAYA - Menanggapi penyebaran virus corona yang berasal dari negeri China belakangan ini, seluruh jajaran Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), mengunjungi RSUD Doris Sylvanus pada, Senin (27/01) siang.


Kunjungan tersebut dalam rangka mengecek kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Kalteng. Dan salah satu hal yang menjadi perhatian Komisi III yakni ruang isolasi yang disiapkan untuk menangani pasien teridentifikasi virus menular tersebut.


Ketika dibincangi awak media, Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan bahwa RSUD Doris Sylvanus memang harus mempersiapkan sarana dan prasarana (Sapras) sebagai langkah pencegahan apabila ada masyarakat Kalteng yang teridentifikasi virus tersebut. 


Legislator senior dari fraksi PDI Perjuangan ini juga menyampaikan saat ini kesiapan RSUD Doris sudah cukup baik dengan menyediakan ruang isolasi beserta tenaga medis yang akan memberi penanganan apabila virus sudah menyebar di Kalteng. 


“Ya biarpun kasusnya belum ada, tapi setidaknya pemerintah dan semua fasilitas kesehatan sudah siap. Tentu dengan apa yang telah dipersiapkan, Pemprov patut diapresiasi atas hal tersebut,” kata Duwel.


Duwel mengungkapkan bahwa langkah antisipasi yang dipersiapkan pemerintah patut diapresiasi. Dengan disiapkannya ruang isolasi khusus, maka apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan dapat segera diberi penanganan awal agar tidak terjadi penularan dalam skala besar.


“Kalau melihat dari sarpras dan fasilitasnya, sudah sangat baik dan sangat menunjang untuk penanganan. Terlebih tenaga kesehatan juga sudah siap, maka virus corona tidak mungkin menyebar di Kalteng,” ujarnya.


Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng, agar tidak panik akan masuk nya virus tersebut ke wilayah Kalteng. Selain memang kemungkinannya masuknya virus tersebut kecil, namun pemerintah pusat hingga daerah telah melakukan langkah antisipatif mencegah masuknya virus tersebut.


“Di Kalteng sendiri sudah dapat dilihat, Gubernur beserta perangkat terkaitnya telah mempersiapkan segala sesuatu kalaupun nanti terjadi apa-apa. Untuk itu jangan sampai soal corona ini menimbulkan keresahan dimasyarakat,” tutup mantan Bupati Katingan dua periode ini.