Komisi II Bakal Sisir PBS yang Belum Laksanakan CSR

PALANGKA RAYA - Pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan yang beroperasi di Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menjadi salah satu fokus Komisi II DPRD Kalteng.


Hal ini dikatakan, Ketua Komisi II DPRD Kalteng Lohing Simon, saat dibincangi, di gedung dewan, Kamis (28/11). Menurutnya, Komisi II yang membidangi ekonomi dan sumber daya alam (SDA) akan fokus melaksanakan pengawasan terhadap realisasi pelaksanaan CSR dari seluruh perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di Bumi Tambun Bungai ini.


Hal itu dilakukan, agar seluruh PBS yang beroperasi di daerah ini, baik yang bergerak dibidang pertambangan dan perkebunan memiliki kepekaan terhadap masyarakat, khususnya masyarakat disekitar wilayah mereka beroperasi.


Dikatakan, langkah awal yang mereka lakukan beberapa waktu lalu dengan mengunjungi salah satu perusahaan perkebunan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Dari pemantauan yang dilaksanakan, realisasi CSR yang dilaksanakan sudah berjalan dengan baik.


“Kita dari Komisi II akan melakukan pendekata ke seluruh pengusaha atau investor yang ada di daerah ini, terutama perkebunan dan pertambangan,” kata Lohing.


Legislator dari fraksi PDI Perjuangan ini menjelaskan, pihaknya ingin menanyakan langsung apa yang menjadi fokus penyaluran masing-masing PBS dalam menyalurkan dana CSR nya. Apakah dibidang pendidikan, kesehatan ataupun bidang lainnya.


“Kita ingin memastikan, fokus pelaksanaan CSR mereka kemana. Sehingga kedepan kita ingin ada regulasi terkait pelaksanaan CSR ini,” terang Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) I, meliputi kota Palangka Raya, Kabupate Katingan dan Gunung Mas (Gumas) ini.


Kedepan kata Lohing, pihaknya juga akan langsung mendatangi sejumlah PBS, yang sampai saat ini informasinya belum ada melaksanakan penyaluran CSR nya. “Kami ingin mengajak mereka, agar mereka fokus menjalankan bagian dari tanggungjawab mereka, karena CSR inikan sudah menjadi tanggungjawab yang wajib mereka laksanakan,” pungkasnya.