Komisi B Inventarisir CnC PBS Perkebunan

KUNJUNGAN KERJA


PALANGKA RAYA-Dalam upaya memperketat pengawasan di lapangan, jajaran DPRD Kalteng melalui Komisi B menggelar kunjungan kerja (kunker) ke lapangan. Jajaran yang membidangi perkebunan, kehutanan, pertambangan, ekonomi dan lainnya itu bertolak ke wilayah Kotim dan Seruyan.


Menurut Ketua Komisi B Borak Milton kunker tersebut, merupakan bagian dari jadwal yang sudah disusun badan musyawarah (Banmus).


“Selain juga sebagai pengawasan di bidang Sumber Daya Alam (SDA), kita akan inventarisir perkebunan yang sudah lengkap izinnya atau belum,” katanya kepada awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/10).


Tidak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang sudah melaksanakan clear and clean (CnC) atau belum.


Borak menambahkan pengawasan dalam daerah itu juga memastikan hasil konsultasi yang sudah dilaksanakan belum lama ini tentunya terhadap beberapa PBS perkebunan yang memiliki kantor di pusat.


Legislator senior dari PDIP itu mengatakan, kunker ke Kotim dan Seruyan ini memang dikhususkan dalam mengawasi sektor perkebunan. “Memang sebelumnya kita sudah berkonsultasi bersama dengan perusahaan perkebunan yang ada di Jakarta,” kata wakil rakyat dari Dapil IV yang meliputi Barsel, Bartim, Barut, dan Murung Raya tersebut.


Peninjauan yang dilakukan sangat wajar mengingat pihaknya tidak ingin mendapatkan informasi sepihak, tanpa adanya pengecekan di lapangan.


Sejumlah persoalan yang akan dievaluasi pihaknya seperti perusahaan yang bekerja di lahan dengan izin sah, atau tidak sesuai prosedur.


Lalu ada juga soal operasional perusahaan yang sudah sesuai izin amdal, dan tidak merusak lingkungan atau bahkan sebaliknya.


Sementara itu Sekretaris Komisi B Punding LH Bangkan mengatakan, keberangkatan itu merupakan upaya pihaknya dalam melihat fakta serta kondisi real di lapangan. Artinya informasi yang diterima pihaknya mesti seimbang, di mana tidak hanya dari satu sisi saja. Kunker tersebut diikuti Ketua Komisi B Borak Milton, Wakil Ketua HM Asera, Sekretaris Punding LH Bangkan, Anggoro D Purnomo, H Edy Rosada, Arisavanah, Syahrudin Durasid, Lodewik Christopel Iban, Totok Sugiharto, Hj Putri Noor Hajah, dan Walter S Penyang.