Komisi A Kaji Banding ke Samsat Kepri

PALANGKA RAYA-Komisi A DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, yang membidangi Pemerintah, Hukum dan Keuangan melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah. Kali ini Komisi A yang dipimpin anggota DPRD Kalteng Y Freddy Ering tersebut mengunjungi, Provinsi Kepulauan Riau.


Kunjungan ke Provinsi ke 32 Indonesia tersebut guna mempelajari atau kaji banding terkait pengelolaan dan pelayanan kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang dilaksanakan oleh Pemprov setempat.


Anggota Komisi A DPRD Kalteng Hj Nataliasi, Kamis (8/3), mengatakan, dalam kunjungan kerja ke luar daerah kali ini, pihaknya memilih berkunjung ke Provinsi Kepri. Di mana salah satu tujuannya untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan pemerintah kepada masyarakat setempat khususnya di Kantor Samsat. Pasalnya, sistem pelayanan yang diterapkan oleh Samsat Kepri merupakan salah satu sistem pelayanan terbaik di Indonesia.


“Saat kami dari Komisi A DPRD Kalteng mengunjungi Samsat Kepulauan Riau, kami melihat langsung bagaimana proses pelayanan di sana yang ternyata sangat baik, dan kita mengapresiasi hal ini,” kata Nataliasi.


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng, III meliputi Kabupaten Lamandau, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Sukamara juga mengatakan, pelayanan yang diberikan oleh Samsat Kepulauan Riau kepada masyarakat tergolong cepat, seperti pembayaran Pajak Surat Tanda Nomor kendaraan (STNK) hingga kepengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), sehingga masyarakat tidak terlalu lama antre.


“Ketika kami kunjungan, kami hanya melihat sedikit masyarakat yang mengantre. Hal ini karena cepatnya pelayanan yang diberikan oleh Samsat Kepulauan Riau, seperti kepengurusan STNK dan kepengurusan BPKB. Bahkan untuk pencetakan plat nomor kendaraan pun hanya memakan waktu tiga menit,” terang Srikandi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.


Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Sukamara ini mengatakan, Samsat Kepulauan Riau juga menyiapkan beragam fasilitas khusus untuk masyarakat yang sedang berurusan di kantor tersebut. Hal ini berfungsi agar masyarakat yang mengantre tidak jenuh dan tetap merasa nyaman selama proses pelayanan berlangsung.


“Ternyata ada banyak sekali failitas yang disiapkan oleh pihak Samsat Kepulauan Riau. Misalnya di kantor ada ruang fotokopi, kemudian ruang baca, ruang menyusui, tempat bermain anak hingga loket pembayaran langsung dengan Bank Daerah. Fasilitas ini disediakan agar selama masyarakat mengantre tidak menimbulkan suasana yang jenuh, tetapi membuat rasa nyaman dan bisa menambah pengetahuan,” ungkapnya.


Dia juga berharap agar nantinya pelayanan seperti yang diterapkan oleh Samsat Kepulauan Riau, bisa diterapkan di Provinsi Kalteng. Sehingga masyarakat yang ingin berurusan di Samsat bisa menikmati pelayanan dengan nyaman. “Ke depannya, kami sangat berharap hasil dari kunjungan kami ini bisa diterapkan di seluruh Kantor Samsat yang ada di Provinsi Kalteng, guna meningkatkan pelayanan kepada  masyarakat,” pungkas Nataliasi.