Kinerja Bank Kalteng Diapresiasi

PALANGKA RAYA - Bank Kalteng yang merupakan bank masyarakat Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak hanya dipandang sebagai ikon daerah saja, namun juga cerminan kemajuan pembangunan dimana didalamnya ada sektor ekonomi dan lainnya. Saat ini bank tersebut tengah memperkuat dan mengoptimalkan berbagai lini, demi peningkatan pelayanan di lingkup masyarakat.


Adanya pelaksanan peningkatan itu mendapat apresiasi dari kalangan DPRD Kalteng, dimana jajaran Komisi I yang membidangi masalah keuangan, pemerintahan dan hukum membahas berbagai rencana menyangkut optimalisasi tersebut bersama pihak Bank Kalteng, Rabu (12/2) di gedung dewan. “Kita apresiasi dengan kinerja yang ditunjukkan oleh jajaran direksi maupun komisaris di Bank Kalteng,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Y Freddy Ering, kepada awak media usai kegiatan, di gedung dewan, kemarin.


Disebutkannya, sejumlah hal yang disoroti seperti perkembangan aset, permodalan, pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM), penyaluran kredit, peningkatan IT, deviden dan lainnya. Selain itu yang juga penting, seperti pembukaan jaringan-jaringan untuk Cabang Pembantu (Capem) hingga kas juga terencana secara maksimal.


Lalu soal penambahan jaringan juga menjadi instrument yang vital, dimana beberapa wilayah mulai dilaksanakan seperti Mantangai, Lahei, Lamandau, Sukamara dan lainnya. Pihaknya tidak memungkiri,  pembukaan dan penguatan jaringan perbankan melalui cabang pembantu Bank Kalteng di pelosok sangat dinantikan oleh masyarakat.


“Oleh karena dengan adanya progres ini diharapkan layanan perbankan diwilayah pelosok dapat berjalan lebih baik dan semakin berkembang, mengingat saat ini masih ada beberapa wilayah yang belum memiliki cabang pembantu,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) dan Kapuas tersebut.


Dengan begitu nantinya untuk mendapatkan layanan perbankan, bisa ke kecamatan atau kabupaten yang memiliki cabang pembantu.


Sementara itu Dirut Utama (Dirut) Bank Kalteng Yayah Diasmono menjelaskan keberadaan Bank Kalteng saat ini dapat dikatakan dalam posisi yang baik. Apalagi pihaknya tengah melaksanakan berbagai peningkatan, dimana salah satunya yang terpenting adalah pelayanan berkonsep digital.


“Kita rencananya nanti akan akan digital sepenuhnya, dalam upaya mempermudah pelayanan nasabah. Banyak yang akan dioptimalkan Bank Kalteng dimana saat ini sudah buku II,” ujar pria murah senyum tersebut.


Kedepan juga akan ada kerjasama bersama masyarakat, menyangkut Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) serta plasma. Dana tersebut rencananya ditindaklanjuti melalui pendanaan pihak ketiga.