Karhutla Masih Ancam Kota Cantik

PALANGKA RAYA- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih mengancam Kota Cantik Palangka Raya. Dalam beberapa hari terakhir, terdapat sejumlah titik kebakaran lahan yang diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya.


Seperti yang terjadi di Jalan Soekarno, tepatnya di dekat Bundaran Burung Palangka Raya, Rabu (6/11) siang. Kebakaran lahan yang diduga milik salah satu pengusaha sukses di kota ini cukup membuat asap pekat, siang kemarin.


Untungnya, tim pemadam kebakaran dari Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangka Raya dibantu dengan sejumlah tim Damkar lainnya, sangat sigap melakukan pemadaman, sehingga kebakaran lahan yang terjadi tidak meluas.


Dari informasi yang dihimpun Tabengan di lapangan, kebakaran lahan di daerah ini sudah terjadi sejak malam hari. Namun, pemadaman yang dilakukan belum begitu maksimal, sehingga siang kemarin api kembali membesar.


Sementara di sekitar lahan yang terbakar, tepatnya di pinggiran Jalan Soekarno ada sejumlah warga yang berjualan. Bahkan berkembang informasi bahwa sumber api berasal dari pembakaran sampah masyarakat setempat. Namun, ada juga yang menyampaikan bahwa lahan tersebut diduga sengaja dibakar.


Sementara itu, pemadaman kebakaran lahan yang terjadi di daerah tersebut langsung dipimpin Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar. Pihak aparat kepolisian juga dibantu oleh puluhan anggota Damkar, yang selama ini selalu sigap dalam memadamkan Karhuta yang terjadi dalam beberapa bulan di Palangka Raya.


Kapolres Palangka Raya Timbul RK Siregar mengatakan, kebakaran lahan yang terjadi di daerah tersebut saat ini masih dalam tahap penyelidikan. “Saat ini masih dalam dilakukan penyelidikan,” kata Timbul.


Selain di titik tersebut, beberapa hari sebelumnya juga terjadi kebakaran lahan di beberapa titik di Palangka Raya, seperti di daerah Kalampangan menuju Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) hingga di wilayah lingkar luar Palangka Raya.