Kades Usul Sarana Air Bersih

P LANTAS SINAGA KE TUMBANG TARIAK


PALANGKA RAYA - Dalam masa reses perseorangan ini, kalangan DPRD Kalteng tengah turun ke lapangan pada daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Salah satunya, wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas DR P Lantas Sinaga.


Di hari pertama, Anggota Komisi A tersebut mengunjungi konstituennya di Desa Tumbang Tariak, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas.


Dalam pertemuan bersama warga setempat, dirinya menyerap beberapa aspirasi yang dirasa cukup penting. Dari Kades Tumbang Tariak Roddy Asser mengatakan, yang sangat prioritas masalah air bersih. Dirinya mengakui sudah tiga sampai empat kali, adanya pelaksanaa  proyek terkait pekerjaan tersebut. Sayangnya sampai saat ini masih belum terealisasi.


"Aliran Sungai Kahayan di desa kami sudah terpotong. Kalau kemarau kering, bahkan airnya kuning, ditambah dengan munculnya kegiatan tambang di seberang sungai," ujarnya, di sela sela kegiatan tersebut, Senin (1/4).  Maka untuk itu dirinya berharap melalui reses tersebut, dapat segera ditindaklanjuti.


Lalu ada juga persoalan lain, yg disampaikan oleh sekdes setempat. Dengan dipilihnya Tumbang Tariak sebagai tuan rumah sinode Tewang Pajangan 2020, maka banyak persiapan yang dilaksanakan. Salah satunya adalah bangunan gereja, khususnya teras yang diharapkan dapat dibenahi. Lalu ada masyarakat juga berharap adanya perpustakaan, serta sarana elektronik di SD setempat.


Menanggapi persoalan itu  P Lantas Sinaga berharap agar masyarakat setempat,  bisa menyampaikan proposal terkait persoalan yang ada. Untuk masalah air bersih, kedepan dirinya akan menggiring hal itu ke SOPD terkait agar segera direspon. Dirinya mengakui hal itu mesti cepat ditindaklanjuti, karena persoalan air bersih menyangkut hajat orang banyak.


"Untuk gereja juga diharapkan perangkat desa setempat, bisa juga membuat proposal agar nanti bisa ditindaklanjuti baik melalui dana aspirasi atau lainnya. Saya juga menyarankan bisa diusulkan pembangunan pastori, agar jemaat setempat bisa datang ke sarana tersebut," ucap legislator dari Fraksi PDIP tersebut. Hal itu juga berlaku dengan fasilitas sekolah, dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.