Jelang Reses Perseorangan Wakil Rakyat Siap Serap Aspirasi

PALANGKA RAYA-Reses merupakan salah satu kegiatan rutin kalangan DPRD Provinsi Kalteng. Menjelang pelaksanaan reses perseorangan, jajaran DPRD Provinsi direncanakan berkunjung ke daerah pemilihannya masing-masing. Hal ini dianggap sebagai salah satu wujud kerja nyata dewan dalam menyerap aspirasi masyarakat. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif, dari para legislator itu.


Namanya saja wakil rakyat. Pastinya harus mewakili rakyat demi kesejahteraan. Mereka-mereka ini menjadi penyalur keluhan, kritik, saran, aspirasi, serta keinginan tentunya kepada pihak-pihak yang berkompeten seperti jajaran eksekutif.


Yang harus diketahui, jajaran dewan tidak hanya melaksanakan tugasnya di kantor saja, namun


juga turun langsung ke lapangan untuk menemui konstituennya. Inilah yang dinamakan dengan reses. Apa yang menjadi persoalan atau keinginan masyarakat, dapat diketahui melalui program tersebut.


Salah satu anggota dewan provinsi yang antusias dengan kegiatan ini adalah Dr P Lantas Sinaga.


Wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas itu, mengakui betapa pentingnya hal ini. Ketika sudah turun ke lapangan, maka mereka bisa bertatap muka secara langsung dengan masyarakatk. “Ini merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan masyarakat kita,” ucapnya kepada Tabengan, belum lama ini.


Ketika masyarakat mengemukakan keluhannya, maka pihaknya siap menindaklanjuti hal itu sebut saja seperti persoalan infrastruktur, perkebunan, pertanian, mata pencaharian, dan sebagainya.


Intinya adalah keinginan masyarakat, untuk bisa sejahtera.


Beberapa waktu lalu, dirinya juga kerap, mengikuti kunjungan kerja dalam daerah. Ternyata yang selama ini terlihat “baik-baik saja”, berbeda dengan kondisi real di lapangan. Ketiadaan jaringan listrik, minimnya tenaga pengajar dan kesehatan, serta lainnya.


Untuk itu, dirinya berharap melalui reses kali ini, masyarakat bisa menginformasikan apa yang perlu dibenahi. Mereka selaku wakil rakyat jelas mendengar dan siap menyampaikan itu.


Gembala/Pendeta GBI Barigas Palangka Raya, yang dikenal ramah tersebut memiliki keinginan agar apa yang disampaikan bisa direalisasikan. Ya, terpilihnya mereka sebagai wakil rakyat, bukan tanpa alasan. Tujuan positif seperti itulah, yang harus diwujudkan. “Bagi saya, apa yang menjadi keinginan publik, juga menjadi beban bagi saya,” katanya. Ada sebuah rasa peduli dan simpati yang tinggi, terhadap aspirasi yang disampaikan. Dirinya juga mengatakan, bukan berarti penyampaian keluhan itu, hanya ketika reses saja. Ketika mereka berkantor, para legislator provinsi ini siap menerima keluhan masyarakat. Tentunya bagi mereka yang merasa dianak tirikan, ketidakadilan, atau berkeinginan membangun.