Jalan Antar Desa Perlu Ditingkatkan

PALANGKA RAYA – Beragam aspirasi dan keinginan disampaikan masyarakat kepada jajaran DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), ketika melaksanakan kunjungan kerja ataupun reses ke daerah. Salah satunya terkait pembangunan infrastruktur. Dimana sampai saat ini banyak jalan antar desa di daerah ini yang memerlukan perhatian dari pemerintah, baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun pemerintah kabupaten.


Menurut wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan Sinar Kamala, persoalan ini mesti mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah. Pihaknya terus mendorong jajaran eksekutif agar memaksimalkan infrastruktur jalan terutama di pedesaan.


“Masih banyak jalan penghubung antar desa yang perlu ditingkatkan. Keinginan juga kerap disampaikan masyarakat, ketika dilaksanakannya reses ataupun kunjungan kerja dalam daerah,” ujarnya disela-sela rapat kerja, belum lama ini.


Wanita murah senyum itu mencontohkan seperti di Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotim. Masyarakat disana, ucap dia, mengharapkan pemprov maupun pemkab membantu pelaksanaan pembangunan jalan antar desa. Pasalnya jalur penghubung tersebut di kecamatan yang ada, masih sangat minim. Dirinya menambahkan jalan desa di kecamatan itu juga masih terbatas.


Maka wajar dirinya mengharapkan realisasi tersebut, dalam upaya mempermudah akses masyarakat menuju desa-desa lainnya. “Yang diharapkan agar infrastruktur jalan di wilayah itu, khususnya menuju ke tempat usaha atau pertanian, bisa dibangun lebih layak. Usulan jalan dan jembatan ke tempat usaha masyarakat, dalam upaya mempermudah akses bahkan mobilisasi publik yang berimplementasi pada peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.


Selain itu, terang Kamala, peningkatan infrastruktur juga berpengaruh pada sektor lainnya seperti Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan dapat segera merealisasikan peningkatan infrastruktur, tidak hanya di wilayah Dapil II, tetapi di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai.