Inovasi Kunci Sukses Samsat Surplus PAD

GIANYAR - Salah satu kunci sukses kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali dalam mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) adalah dengan berinovasi.


Hal ini kedepan diharapkan dapat dicontoh dan diterapkan di seluruh kantor Samsat yang ada di Kalimantan Tengah (Kaltrng).
Hal ini dikatakan Ketua Komisi A DPRD Kalteng Y Freddy Ering, saat dibincangi disela-sela kunjungan ke kantor Samsat Gianyar, Kamis (8/8).


Menurutnya Samsat Gianyar merupakan salah satu kantor pelayanan Samsat terbaik di Bali. Hal ini tidak lepas karena mereka benar-benar memberikan pelayan prima kepada seluruh masyarakat yang ingin membayar pajaknya.


Selain itu, inovasi yang mereka lakukan juga cukup baik dalam rangka mencapai target PAD setiap tahunnya dari sektor pajak.
"Samsat Gianyar itu mungkin yang tertinggi, yang terbaik se Provinsi Bali. Tapi mereka rata-rata bagus. Tapi yang terbaik di Kabupaten Gianyar," kata Freddy.


Dijelaskan berbagai inovasi yang diterapkan memberikan pelayanan cepat dan terbuka bagi masyarakat yang ingin menyetorkan pajaknya, kemudian pelayanan kepengurusan surat tanda nomor kendaraan (STNK), mutasi dan sebagainya, pelayanannya sangat luar biasa.


 "Banyak inovasi-inovasi dari jajaran Samsat maupun Dinas Pendapatan Daerah. Dengan sendirinya juga pencapaian target disini PAD itu selalu tercapai bahkan bisa surplus," ungkapnya.


Oleh sebab itu, tidak heran kalau kantor Samsat Gianyar disebut terbaik karena dengan berbagai inovasi membuat para wajib pajak jadi taat.


"Kalau pelayanan cepat, terbuka? Tidak ribet, tidak ada pintu ini itu masyarakat akan nyaman dilayani. Pintu pelayanan mereka hanya dua dan cepat. Kalau tempat kita pintunya banyak tapi pelayanan masih lambat sehingga mengundang tanda tanya,"  lanjut politisi dari fraksi PDI Perjuangan ini.


Inovasi lain kata dia, Samsat bersama Dispenda juga selalu melaksanakan pemutihan pajak. "Ini juga inovasi bagus dan diharapkan bisa diterapkan di Kalteng," pungkas Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini.