Hari Ini, R Anggoro Purnomo Dilantik

PALANGKA RAYA-Proses Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Provinsi Yansen Binti, kini memasuki babak akhir. Hari ini, Jumat (12/5) R Anggoro Purnomo yang merupakan pengganti Yansen,rencananya dilantik secara resmi Yoleh Ketua DPRD R Atu Narang dihadapan jajaran anggota DPRD Kalteng.


Anggoro yang memiliki jumlah suara dibawah Yansen Binti, berhak menduduki kursi wakil rakyat yang notabene merupakan legislator dari Fraksi Gerindra. Pelantikan itu sendiri dilaksanakan dalam moment paripurna istimewa yang akan dihadiri berbagai kalangan.


Menurut Sekretaris Fraksi Gerindra Ellisae Lambung, pihaknya memang sudah mengirimkan surat agar dilaksanakannya pelantikan terhadap fraksi


tersebut. “Tidak mungkin Fraksi Gerindra dibiarkan mengalami kekosongan, karena satu anggotanya sudah tidak aktif, maka ditindaklanjuti dengan pengisian dengan anggota yang baru,” ucapnya kepada awak media, ketika ditemui di ruang komisi DPRD Kalteng belum lama ini.


Terkait posisi Anggoro sendiri, dalam fraksi sudah jelas merupakan anggota. Namun untuk komisi atau lainnya, pihaknya akan membicarakan hal itu dalam rapat internal bersama. 


Ketika disinggung mengenai posisi Yansen Binti, pihaknya tetap menghormati mantan wakil rakyat dari Dapil I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas tersebut.


Intinya Yansen sendiri tetap sebagai anggota dalam struktur Partai Gerindra. Hal itu wajar, mengingat pria yang aktif diberbagai organisasi kedaerahan dan kepemudaan itu sudah banyak berjasa serta berkontribusi bagi partai. “Namun karena sistem dan mekanisme yang mengharuskan, mau tidak mau kita mesti melaksanakan PAW,” ujar anggota Komisi C tersebut.


Srikandi legislator murah senyum itu juga mengakui, telah menyampaikan persoalan PAW kepada Yansen Binti. Dirinya menceritakan Yansen sendiri menerima, memahami, serta mengerti dengan kondisi itu.


Apalagi sisa masa jabatan wakil rakyat DPRD Provinsi periode 2014-2019, hanya berkisar satu tahun saja. Artinya sangat tidak mungkin, pihaknya membiarkan satu kursi kosong dalam upaya menjalankan tugas sebagai legislator. Intinya pihaknya tidak membiarkan Yansen berjuang sendiri, menghadapi persoalan tersebut.


Tentunya tetap mendukung serta memberikan bantuan, dalam upaya motivasi yang positif bagi mantan anggota Komisi B yang dikenal vokal itu.


Sementara itu  R Anggoro Purnomo yang ditemui dalam pelaksanaan gladi bersih pelantikan belum lama ini menyatakan, dirinya hanya menjalankan amanat partai. Apalagi dalam upaya mengikuti sistem, serta mekanisme yang ada. Selain itu terkait pelantikan sendiri, Sekwan Tantan D Matan menyatakan, pihaknya sudah siap dalam melaksanakan agenda itu. Apalagi pelantikan sendiri akan dilakukan sumpah janji serta penandatangan yang rencananya dipimpin langsung Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang.