Gubernur Diminta Segera Wujudkan Peningkatan Infrastruktur di DAS Barito

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali mengingatkan pemerintah, agar meningkatkan pembangunan infrastruktur di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito di tahun 2021.


Pasalnya,peningkatan infrastruktur untuk wilayah Timur Kalteng tersebut, telah dijanjikan Gubernur H Sugianto Sabran sejak 2019, melalui kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng H Shalahudin. Dimana saat itu dinyatakan bahwa pembangunan infrastruktur akan dilaksanakan secara bertahap mulai dari wilayah Barat menuju ke Timur Kalteng.


Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, yang membidangi infrastruktur dan prasarana H Achmad Rasyid, sudah menjadi kewajiban DPRD Kalteng khususnya Komisi IV, untuk mengingatkan janji kepala daerah dalam rangka fokus peningkatan infrastruktur di wilayah DAS Barito di tahun 2021


“Yang namanya janji harus ditepati, kami selaku wakil rakyat tentunya memiliki kewajiban untuk mengingatkan hal tersebut. Bahkan saat beberapa kali melangsungkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan dinas terkait, telah disebutkan bahwa fokus peningkatan infrastuktur di DAS Barito akan dilaksanakan pada tahun 2021,” ucap Rasyid, saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (12/1).


Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan IV, meliputi Kabupaten Barito Timur (Bartim) Barito Selatan (Barsel), Barito Utara (Barut) dan Murung Raya (Mura) ini juga mengungkapkan, saat ini infrastruktur di wilayah DAS Barito sangat memerlukan perhatian. Sehingga sangat wajar apabila DPRD Kalteng mengingatkan kepala daerah untuk segera merealisasikan janjinya.


“Kita melihat sendiri bahwa peningkatan pembangunan diwilayah DAS Barito masih berjalan lambat. Sehingga dengan direalisasikannya janji Gubernur, kita berharap agar laju pembangunan di DAS Barito bisa berjalan normal serta mampu mengimbangi laju pembangunan di wilayah Tengah dan Barat Kalteng,” harapnya.


Selain itu, sambungnya, Komisi IV DPRD Kalteng telah menyusun sejumlah agenda, diantaranya yaitu menggelar RDP dengan Dinas PUPR Kalteng, dalam rangka menindaklanjuti realisasi janji peningkatan infrastruktur DAS Barito.


“Kita sudah menyusun sejumlah agenda, salah satunya yaitu RDP dengan Dinas PUPR, yang dalam waktu dekat akan segera kita laksanakan, guna menindaklanjuti janji Gubernur Kalteng untuk fokus peningkatan infrastruktur diwilayah Barito,” pungkas politisi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.