DPRD Minta Ada Edukasi Kepada Masyarakat Terkait Ombudsman

AUDIENSI


PALANGKA RAYA - Ombudman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng), terus melakukan koordinasi dengan berbagai lembaga. Khususnya lembaga pemerintah yang secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, Kamis (23/1) Ombudsman RI mendatangi gedung DPRD Kalteng untuk audiensi sekaligus berkoordinasi dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Kalteng.


Kedatangan rombongan, langsung diterima Ketua DPRD Kalteng, di ruang kerjanya, siang kemarin. Dalam kesempatan itu Wiyatno menyampaikan apresiasi, atas silaturahmi dan komunikasi yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Kalteng dengan DPRD. Ini menjadi penting, sebagai upaya untuk saling mengingatkan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Ombudsman RI Perwakilan Kalteng ke DPRD Kalteng juga untuk diskusi sekaligus bertukar pikiran, termasuk berbagi informasi terkait dengan pelayanan publik.


Dalam kesempatan itu, legislator dari fraksi PDI Perjuangan ini, sangat mendukung dalam peningkatan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat. Hadirnya Ombudsman RI di Kalteng sebagai pengawas pelayanan publik, tentu memberikan dampak positif yang sangat besar. Pelayanan yang dinilai masih kurang, akan diberikan informasi untuk dapat dilakukan pembenahan dengan sebaik mungkin, sehingga tidak lagi muncul laporan dari masyarakat akibat tidak mendapatkan pelayanan publik yang baik.


“Saya harap Ombudsman dan DPRD bisa menjadi mitra yang baik dalam hal pengawasan pelayanan publik di Kalteng. Secara pribadi meminta Ombudsman RI Perwakilan Kalteng untuk lebih gencar dalam melakukan sosialisasi akan tugas pokok dan fungsinya. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan Ombudmasn RI Perwakilan Kalteng masih belum banyak diketahui masyarakat,” kata Wiyatno, disela-sela pertemuan kemarin.


Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga berharap, Ombudsman Kalteng lebih memaksimalkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, yang tujuannya agar masyarakat mengetahui tugas Ombudsman dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berani melapor apabila ada pelayanan publik yang buruk.


“Kedepan Ombudsman Kalteng dan DPRD Kalteng dapat menjalin koordinasi yang baik, khususnya dalam hal penyelesaian laporan masyarakat,” harapnya.


Sementara Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng Biroum, menyampaikan, apresiasi sudah diterima secara langsung oleh Ketua DPRD Kalteng Wiyatno. Tim Ombudsman dan dengan senang hati memperkenal apa itu Ombudsman serta tugas dan fungsinya sebagai pengawas pelayanan publik. Ombudsman memang akan lebih “menggalakkan” sosialiasi dan perkenalan kepada masyarakat di Kalteng melalui beberapa program yang telah disiapkan.


“Ombudsman adalah lembaga negara yang memiliki tugas untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Fokus dari pengawasan kami adalah perilaku maladministrasi,” kata Biroum singkat.