Dewan Soroti Soal Sistem Pembayaran PKB

PALANGKA RAYA-DPRD Provinsi Kalteng meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Pasalnya, dengan pembayaran pajak yang mudah masyarakat akan semakin taat membayar pajak sehingga bermuara pada peningkatan pendapatan daerah.


Ke depan, dewan juga menyarankan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk membuat dan menerapkan Standart Operating Prosedure (SOP) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor.


Pasalnya selama ini, salah satu yang membuat masyarakat enggan dalam membayarkan pajak kendaraannya, dikarenakan proses administrasi yang berbelit-belit, yang disinyalir juga merupakan salah satu faktor munculnya praktek percaloan.


Anggota DPRD Provinsi Kalteng H Anderiansyah menyarankan kepada Pemda melalui Badan Pendapatan Daerah segera membuat SOP, agar masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotornya, bisa lebih cepat, tidak berbelit-belit dan tidak diberatkan dengan bermacam-macam persyaratan.


Hal itu kata dia, untuk mengundang animo masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu sehingga target pendapatan asli daerah  (PAD) tercapai tepat waktu serta untuk menghindari adanya praktik percaloan/lewat belakang dalam hal pembayaran/pengurusan pajak kendaraan bermotor (PKB).


“Masa orang mau bayar pajak, mau memberi uang untuk negara, dan uang itu untuk kegiatan pembangunan, kenapa harus dipersulit, harus dipermudah jangan banyak syarat, buat SOP yang jelas,” kata Anggota Komisi A DPRD Kalimantan Tengah, yang membidangi pemerintahan, keuangan dan hukum ini, saat dibincangi wartawan di gedung Dewan, beberapa waktu lalu.


Dia juga berharap Pemda melalui instansi melakukan terobosan-terobosan baru seperti halnya bank yang selalu memperbahuri pelayan. “Petugas pelayanan itu harus orang yang ramah, mudah senyum, rajin, tidak suka mempersulit orang atau tidak suka menunda-nunda pelayanan, melayani dengan baik, sopan, simpatik, elok, agar orang senang dan berbondong-bondong datang membayar pajak,” harapnya.