Dewan Minta 4 Program Prioritas Dilaksanakan Terpadu

PALANGKA RAYA-DPRD Kalteng meminta kepada Pemprov Kalteng melaksanakan empat program prioritas pada 2018 mendatang secara terpadu.


Adapun empat program priotas pemprov pada 2018 mendatang diarahkan pada pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.


“Kita minta agar program prioritas yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang agar dapat dilaksanakan secara terpadu dan teritegritas di setiap lini melalui kebijakan dan program kegiatan,” kata anggota Fraksi Demokrat DPRD Kalteng, HM Suwarno, di gedung Dewan, kemarin.


Menurutnya, mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng tahun 2016-2021 telah ditetapkan pada sektor pembangunan infrastruktur, energi dan sumber daya alam, ekonomi kerakyatan, pembangunan pada bidang pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, serta pengelolaan pendapatan.


Oleh sebab itulah, pihaknya dari DPRD Kalteng meminta agar semuanya dilaksanakan secara terpadu pada berbagai kebijakan pemerintah daerah.


Disarankan, dari alokasi anggaran pada program dan kegiatan nantinya Pemprov melalui satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) masing-masing agar secara bersungguh-sungguh berusaha dan bekerja keras meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan pada bidang-bidang yang secara langsung menyentuh kepada kepentingan publik melakukan penajaman pada berbagai sektor ekonomi tertentu dengan peningkatan penyediaan anggaran. “RAPBD 2018 tetap diupayakan mencerminkan niat pemda untuk peningkatan ekonomi daerah dan memenuhi kehendak masyarakat untuk melakukan perubahan dan peningkatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan prinsif keadilan dan kehati-hatian serta lebih fokus dan berbasis kinerja dalam pengalokasian dan pengelolaan anggaran,” sarannya.