Dewan Gelar Banmus untuk Tetapkan Jadwal

PALANGKA RAYA-DPRD Provinsi Kalteng mulai menggelar rapat Badan Musyawarah (Banmus), Selasa (30/1) di ruang rapat gabungan.


Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi R Atu Narang itu, juga dihadiri SOPD lingkup Pemprov. Plt Sekda Fahrizal Fitri yang juga hadir, mewakili pihak eksekutif dan jajarannya.


Agenda yang menjadi pembahasan dalam rapat itu, adalah menentukan jadwal sekaligus kegiatan jajaran dewan beserta eksekutif dalam beberapa waktu ke depan.


Menurut Ketua DPRD Kalteng R Atu Narang, rapat akan digelar mulai tanggal 30 Januari hingga 2 Februari mendatang. “Melalui rapat ini, kita samakan persepsi dalam upaya koordinasi bersama agar kegiatan yang nantinya terjadwalkan kita sepakati bersama,” ujarnya di sela-sela kegiatan tersebut.


Pelaksanaan Banmus sendiri digelar sebagai tanda mulai beraktivitasnya jajaran legislator di institusi tersebut.


Maka akan segera melaksanakan semua program dan kegiatan di tahun 2018 ini yang sudah disepakati bersama. Dirinya juga berpesan tahun ini merupakan tahun politik di mana 11 kabupaten dan 1 kota akan menggelar Pilkada secara serentak.


Untuk itu pihaknya berharap, pelaksanaan pilkada dapat berjalan lancar dan sukses.


Dia menambahkan, ungkapan kerja keras tidak hanya soal mencapai target pendapatan dalam APBD 2018 yang ditargetkan Rp4,2 triliun lebih. Namun yang terpenting bagaimana dapat menyerap anggaran yang tersedia secara maksimal.


Tentunya mencapai sasaran pembangunan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Disadari juga, membangun Kalteng yang lebih sejahtera dan bermartabat, bukanlah hal yang mudah. Namun di pundak pemerintah baik eksekutif dan legislatif serta pihak lainnya terpikul kewajiban serta amanah dalam melaksanakannya penuh tanggung jawab.


Dirinya mengatakan dalam kunjungan kerja dan reses Dapil masing-masing belum lama ini, banyak aspirasi yang telah diserap. Intinya banyak keinginan masyarakat yang telah ditampung. Namun tentunya masih ada temuan pelaksanaan pembangunan yang belum memenuhi harapan. Bahkan masih memerlukan penyempurnaan serta perbaikan kedepan.


“Nanti selengkapnya hasil kunjungan reses itu akan disampaikan secara rinci oleh masing-masing dapil, pada forum rapat paripurna dewan selanjutnya,” ucapnya.


Maka untuk itu dirinya berharap pada selama empat bulan ke depan, anggota dewan melalui komisi masing-masing dapat melaksanakan rapat bersama mitra kerja. Tujuannya agar melaksanakan pembahasan hasil kunjungan kerja dan reses untuk tindak lanjut secara proporsional dan bijaksana, dengan skala prioritas serta ketentuan yang berlaku.