Dewan Dorong Pemda Bangun Infrastruktur ke Pelosok

PALANGKA RAYA-DPRD Kalteng mendukung pemerintah daerah untuk menggenjot pembangunan infrastruktur ke wilayah pelosok. Hal ini bertujuan agar masyarakat di wilayah pelosok bisa menikmati infrastruktur yang layak.


Selama ini, salah satu sarana transportasi masyarakat di wilayah pelosok yang belum tersentuh pembangunan jalan dan jembatan adalah menggunakan sarana transportasi sungai. Oleh sebab itu, DPRD Kalteng meminta kepada pemerintah untuk terus menggenjot pembangunan infrastruktur khususnya ke wilayah pelosok.


Anggota DPRD Kalteng Hj Putri Noor Hajah mengatakan, pihaknya sebagai wakil rakyat sangat mendukung pembangunan infrastruktur.


Oleh sebab itu mereka meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan dan mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah pelosok. Pasalnya, masih banyak masyarakat terutama di wilayah pelosok yang belum bisa menikmati infrastruktur yang layak.


Dia menyebutkan, di daerah pemilihan (Dapil) Kalteng II, yang meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan, masih banyak di dua kabupaten ini yang perlu disentuh dengan pembangunan infrastruktur.


Oleh sebab itu, dalam setiap kali reses maupun kunjungan kerja ke dalam daerah, hal itu selalu menjadi keluhan utama masyarakat di daerah.


Salah satunya seperti yang disampaikan, masyarakat dan pemerintah Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan. Di mana kepada DPRD Kalteng yang melaksanakan reses ke daerah tersebut beberapa waktu lalu, mereka meminta agar perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan di wilayah itu dipercepat. Pasalnya, sampai saat ini kondisi infrastruktur di wilayah ini sangat tidak layak untuk dilalui masyarakat.


“Pihak Kecamatan dan masyarakat desa sangat mengharapkan adanya program percepatan untuk pengaspalan jalan antara Desa Sandul-Rantau Pulut,” kata Hajah, di gedung dewan, belum lama ini.


Dari penuturan masyarakat, sampai saat ini kondisi ruas jalan yang menghubungkan antardesa di kecamatan ini, masih sangat memprihatikan. “Karena mereka merasakan infrastruktur jalan dan jembatan yang ada saat ini sangat tidak layak dan dimohon percepatan pembangunan jalan tersebut,” tambah Anggota Komisi B DPRD Kalteng ini.


Selain di bidang infrastruktur, masyarakat di Kecamatan ini juga mengharapkan, sekaligus mengusulkan agar di wilayah mereka ditambah guru atau tenaga pendidik SMA. Pasalnya, di wilayah ini masih kekurangan guru SMA.


Usulan penambahan guru SMA ini cukup beralasan, pasalnya sekarang ini kewenangan untuk SMA/sederajat sekarang ini berada di pemprov khususnya Pemprov Kalteng. Oleh sebab itu, masyarakat setempat berharap apa yang menjadi aspirasi mereka dapat diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh Pemprov Kalteng.


“Di Kecamatan Batu Ampar diusulkan penambahan tenaga guru atau pengajar untuk tingkat SMA,” pungkasnya.