Dewan Berharap Masuk Event Nasional

FESTIVAL DANAU SEMBULUH


PALANGKA RAYA- Kabupaten Seruyan memiliki potensi pariwisata yang sangat potensial. Salah satunya pergelaran Festival Danau Sembuluh yang digelar Pemkab Seruyan.   


Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Rizki Amalia Darwan Ali menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Karena menurut dia, Danau Sembuluh merupakan salah satu danau terluas di Kalteng.


Danau ini kata dia, mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga sangat potensial untuk dikembangkan menjadi objek pariwisata andalan Kabupaten Seruyan, bahkan Kalteng. “Kita menyambut baik kebijakan Pemkab Seruyan yang telah menggelar festival Danau Sembuluh, karena daerah ini memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata andalan Kalteng,” kata Rizki, saat dibincangi, di gedung dewan, Rabu (6/11).


Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini mengatakan, kedepan dia berharap festival Danau Sembuluh ini bisa masuk ke dalam kalender event nasional. Sehingga bisa mendatangkan wisatawan yang lebih banyak lagi ke daerah tersebut.


Terlebih saat ini sektor pariwisata merupakan salah satu bidang pembangunan yang sedang gencar-gencarnya digenjot pembangunannya oleh pemerintah pusat. “Kita berharap kalau bisa Festival Danau Sembuluh ini bisa masuk dalam kalender event nasional,” harap Srikandi dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.


Sebelumnya, Bupati Seruyan Yulhaidir mengatakan Danau Sembuluh sangat berpotensi untuk dikembangkan kedepannya untuk menjadi salah satu potensi wisata di Kabupaten Seruyan, diantaranya wisata susur danau dan sebagainya.


Dikatakan, kedepan pemerintah Kabupaten Seruyan akan terus menonjolkan potensi wisata untuk kemajuan daerah. “Seruyan mempunyai banyak potensi wisata selain Danau Sembuluh, juga wisata alam, bahkan budaya. Kedepan akan menjadi tugas kami untuk mengembangkan wisata untuk kemajuan Seruyan,” kata Yulhaidir, di sela-sela pembukaan festival Danau Sembuluh, beberapa waktu lalu.


Menurutnya, Festival Danau Sembuluh ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya. Pemerintah desa diharapkan bisa mempersiapkan segalanya untuk mensukseskan pelaksanaan nantinya. ”Desa setempat wajib mengambil moment untuk kemajuan desanya terhadap pelaksanaan festival Danau Sembuluh ini,” harapnya.