Dewan Apresiasi Kontingen Pesparawi Kalteng

MESKI MINIM ANGGARAN


PALANGKA RAYA-Anggota DPRD Kalteng Ergan Tunjung mengapresiasi penampilan tim Pesparawi Kalteng yang tampil membanggakan pada Pesparawi ke XII tingkat nasional yang berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) 28-4 Agustus 2018 lalu.


Pasalnya, meski berangkat dengan anggaran dan pembiayaan yang minim, tim Pesparawi Kalteng mampu mengharumkan nama Kalteng dengan menyabet 12 medali emas dari seluruh kategori lomba serta meraih satu champion.


Menurut Ergan yang langsung menyaksikan langsung penampilan tim Pesparawi ini, Pesparawi ke XII tersebut berlangsung sukses dan diikuti oleh 34 provinsi se Indonesia.


Dalam kegiatan tersebut Kontingen terbanyak diisi dari Provinsi Papua Barat dengan 348 orang, kemudian paling sedikit dari Provinsi Aceh dengan 44 orang. Sementara tuan rumah Kalimantan Barat berjumlah 281 orang sama dengan Kaltim, dan Kalteng mengirimkan Kontingen sebanyak 238 orang.


Namun, yang patut dibanggakan, kata dia, dalam kegiatan tersebut, kontingen  Kalteng mampu berbuat banyak dengan mengharumkan nama Kalteng. “Nah mestinya kita bangga dan salut ya dengan Kontingen Kalteng dengan keterbatasan pembiayaan dengan keterbatasan dana, itu bisa memperoleh ya menurut kita sangat maksimal dengan 12 kategori itu semua mendapat emas dan satu champion. Itu sangat luar biasa menurut kita di penampilan untuk Kontingen Kalteng,” kata Ergan, saat dibincangi wartawan, di gedung dewan, Selasa (7/8).


Menurut Anggota Komisi B DPRD Kalteng, yang membidang ekonomi dan sumber daya alam (SDA) ini untuk memperoleh prestasi tersebut memang tidak gampang, makanya dia sangat mengapresiasi pimpinan rombongan dan seluruh kontingen yang telah mengharumkan Bumi Tambun Bungai pada Pesparawi tingkat nasional itu.


“Kita tahu itu pasti tidak gampang, tidak mudah untuk memperoleh itu, dan kita sangat salut dengan pimpinan rombongan terutama dengan peserta dari kontingen Kalteng dengan keberadaan yang minim dan sederhana begitu bisa memperoleh hasil yang maksimal,” tambah legislator dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini.


Prestasi tersebut, ungkap dia tidak terlepas dari kerja keras seluruh kontingen yang berlomba dengan segala keadaan dan keberadaan yang ada. “Ini semua karena kerja keras dari teman-teman kemarin yang berlomba dengan segala keadaan dan keberadaan yang ada di Kalimntan Barat kemarin. Emas dalam kategori umum, sehingga walaupun mendapat jumlah yang begitu banyak tapi Kalteng tidak juara umum karena ada kriteria lain lagi. Karena ada beberapa dari daerah lain lagi yang mendapat champion lebih banyak, karena penilaiannya begitu. Intinya kita sangat salut lah meski dengan keberadaan begitu,” pungkasnya.


Kegiatan Pesparawi ini sendiri lanjut dia, dari catatan yang disampaikan ketua panitia pelaksana Margaret Carolin diikuti oleh 7.700 orang dari 34 Provinsi menggunakan anggaran dari APBN dan APBD Kalimantan Barat.